PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK

M Soqhih Hadiyudin ., Joko . .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  Assurance, Relevance, Interest, Assesment, &Satisfaction dan Model Pembelajaran Langsung, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari Self Efficacy siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  Assurance, Relevance, Interest, Assesment, &Satisfaction dan Model Pembelajaran Langsung, (3) mengetahui interaksi antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assesment, &Satisfaction dan model pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi dan Self Efficacy rendah pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL-1 sebagai kelas eksperimen dan X TIPTL-2 sebagai kelas kontrol di SMKN 1 Nganjuk. Kemudian untuk menganalisis data digunakan ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji post hoc.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa ranah kognitif yang menggunakan model pembelajaran ARIAS lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung. Akan tetapi hasil belajar ranah psikomotor dan afektif menunjukkan model pembelajaran langsung lebih baik dibandingkan model pembelajaran ARIAS. Rerata hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor kelas eksperimen secara bertut-turut 78,49, 78,26, dan 79,84.  Sedangkan rerata hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor siswa pada kelas kontrol secara bertut-turut 63,10, 72,84, dan 82,79.  (2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar ranah kognif dan psikomotor siswa ditinjau dari Self Efficacy tinggi dan self efficacy rendah, siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARIAS dan model pembelajaran langsung. Nilai signifikansi hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor berturut-turut sebesar 0,21 dan 0,55. (3) Tidak terdapat interaksi antara hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran ARIAS dan model pembelajaran langsung pada siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi dan Self Efficacy rendah. Hasil SPSS menunjukkan nilai signifikansi hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor berturut-turut sebesar 0,49 dan 0,79.

Kata kunci:Pengaruh model pembelajaran ARIAS, model pembelajaran langsung, self efficacy, hasil belajar.

Abstract

This research aims to: (1) determine differences in student learning result in subjects Basic and Electrical Measurements were learned with learning model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, & Satisfaction and Direct Learning Model, (2) determine differences in student learning result in terms of Self Efficacy students on subjects Basic and Electrical Measurements were learned with learning model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction and Direct Learning Model, (3) the interaction between learning result students who learned with learning model Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction and direct learning model to students who have a high Self Efficacy and Self Efficacy lower in subjects Basic and Electrical Measurements. The method used is quasi experiment with a 2x2 factorial design. Subjects in this study were students of class X TIPTL-1 as an experimental class and X TIPTL-2 as a control class in SMK 1 Nganjuk. Then to analyze the data used ANOVA followed by two lines and post hoc test. The results showed that: (1) cognitive learning result of students who use ARIAS learning model is better than the direct learning model. However, the results of the psychomotor and affective study showed a direct learning model is better than learning model ARIAS. The mean results of cognitive learning, affective, and psychomotor experimental class participated in bertut 78.49, 78.26, and 79.84. While the average of the results of cognitive learning, affective, and psychomotor students in the control class bertut-contributed 63.10, 72.84, and 82.79. (2) There is no significant difference in learning result of students psychomotor domains kognif and Self Efficacy in terms of high and low self efficacy, students who learned with ARIAS learning model and learning model directly. Value the significant value of cognitive learning result and psychomotor respectively 0.21 and 0.55. (3) There is no interaction between the cognitive and psychomotor learning of students who learned with ARIAS learning models and models of direct instruction to students who have a high Self-Efficacy and Self Efficacy low. SPSS results demonstrate the significant value of cognitive learning result and psychomotor row by 0.49 and 0.79.

Keywords:Effects of ARIAS learning model, the modeldirect learning, self-efficacy, learning result.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro