PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

Candra Mufti Ali, Endryansyah . .

Abstract


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memahami fungsi rangkaian resistor pada rangkaian kelistrikan

Jenis penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Static Group Comparison, yang termasuk kategori Quasi Experiment. Sampel dikelompokkan menjadi dua kelas, yaitu Kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran crossword puzzle, sedangkan kelas kontrol mendapat perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung tanpa strategi pembelajaran crossword puzzle. Post – test diberikan setelah kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan yang bertujuan untuk mengukur hasil belajar kedua kelas tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) berdasarkan hasil analisis nilai posttest dengan uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. (2) berdasarkan analisis nilai posttest dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung = 4,445 > ttabel = 1,6683 (α = 0,05) dengan rata-rata nilai post - test kelas eksperimen 86,11 dan kelas kontrol 78,75 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan strategi pembelajaran crossword puzzle lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Kata kunci : strategi pembelajaran crossword puzzle, pembelajaran langsung, dan hasil belajar.

Abstract

The purpose of this research is to know the improvement of student’s study result in the basic competence understanding the function of a series resistor in the electrical circuit.

The type of research used to achieve the purpose is experimental research.

The research design is Static Group Comparison includes category. The Sample was grouped in to two classes, namely experimental class and control class. Experimental class was treated using direct learning model with crossword puzzle- learning strategy, while the control class treated using direct learning model without crossword puzzle- learning strategy. Post-test was given after the experimental class and control class after treating which has a purpose to measure the learning outcomes of the two classes.

The results of this research showed that, 1. based on result of posttest score analysis by normality and homogeneity test, it was obtained that the two classes were  normal distribution and homogen.

2. based on posttest score analysis by t-test obtained thitung = 4,445 > ttabel = 1,6683 (α = 0,05) with post-test  score average of the experimental class was 86,11  and control class was 78,75. It showed that the study result of student who use direct learning model with crossword puzzle- learning strategy higher than the study result of student who use direct learning model without crossword puzzle- learning strategy.

Keyword  : Direct learning model, learning strategy crossword puzzle and student learning outcomes.



Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro