PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PhET (Physics Education Technology) SIMULATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TITL PADA STANDAR KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN RANGKAIAN LISTRIK DI SMKN 7 SURABAYA

Muhammat Erwin Dasa Yuafi, Endryansyah . .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penerapan media pembelajaran Physics Education Technology (PhET) Simulation terhadap hasil belajar siswa kelas X TITL pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik di SMKN 7 Surabaya. Serta untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran langsung yang menggunakan media pembelajaran Physics Education Technology (PhET) Simulation terhadap respon siswa kelas X TITL pada standar kompetensi mengaplikasikan rangkaian listrik di SMKN 7 Surabaya. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Non Equivalen Control Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMKN 7 Surabaya. Diambil sampel sebanyak 2 kelas, kelas X TITL 3 sebagai kelas eksperimen dan X TITL 1 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pretest pada siswa sebelum menggunakan metode penerapan media PhET Simulation sama rendah dengan hasil belajar siswa sesudah menggunakan metode penerapan media PhET Simulation. Dan hasil postest menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan metode penerapan media PhET Simulation memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan metode penerapan media PhET Simulation. Dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen (X TITL 3) adalah 87,58 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol (X TITL 1) adalah 79,17 serta diperoleh hasil paired sample t test nilai thitung kelas eksperimen -42,13<-1,67 dan thitung kelas kontrol     -28,48<-1,67.

Kata kunci: media pembelajaran PhET Simulation, hasil belajar siswa, respon siswa

Abstract

The purpose of this research is to know the positive application effect learning media Physics Education Technology(PhET) Simulation to learning result student 10th class TITL in competency standards applying electrical circuits in SMKN 7 Surabaya. The method which is used is Quasi Experimental Design with the research design which is used is “Non Equivalen Control Design”. The population in this research is student 10th class SMKN 7 Surabaya. The sample taken in 2 classes, 10th TITL 3 class as an experiment class and 10th TITL 1 class as a control class. Meanwhile, to know the difference of the learning research used data analysis technique t-test. The research show that the pretest result to student before using application instructional method media PhET Simulation as low as the learning result student after using application instructional method media PhET Simulation. And the posttest result show that the student which is use application instructional method media PhET Simulation have learning result higher than the student which is not use application instructional method media PhET Simulation. The average of learning result experiment class (10th TITL 3) is 87,58 and the average of learning result control class (10th TITL 1) is 79,17 and obtainable class as an experiment tarithmetic=-42,13<-1,67 and control class tarithmetic= -28,48<-1,67.

Keywords: learning media PhET Simulation, the result of the student learning, student response.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro