PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

Bayu Dwi Permadi, Yudha Anggana Agung

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) Menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada mata pelajaran teknik elektronika dasar: dan (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dengan sasaran kelas X TAV di SMK Negeri 7 Surabaya yang dikemas dalam bentuk CD dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (research and development) yang telah dibatasi menjadi 7 tahap saja yaitu: (1) Research and Information Collecting. (2) Planning. (3) Develop Preliminary Form of Product. (4) Main Field Testing. (5) Main Product Revision. (6) Preliminary Field Testing. (7) Analysis and Reporting. Hasil penelitian yang diperoleh adalah media pembelajaran interaktif yang di kemas dalam bentuk Compact disc (CD) dengan nama MEDA. Validasi media dilaksanakan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif yang layak. digunakan. Validasi yang dilakukan ada 3 aspek keahlian yaitu: ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Hasil validasi media menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif layak digunakan dengan hasil rating 83,67%. Respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 94.25%.

Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, MEDA, Respon siswa.

 

Abstract

The research aims: (1) Produce computer-based interactive learning media on basic electronics engineering subjects; and (2) and to know student’ responses about interactive learning media with the target of this research is class X TAV at state vocational high school 7 surabaya in the form of a CD that deserves to be used as a medium of learning. The method used in this study is research and development (R&D) that has been limited into seven stage only that is: (1) Research and Information Collecting. (2) Planning. (3) Develop Preliminary Form of Product. (4) Main Field Testing. (5) Main Product Revision. (6) Preliminary Field Testing. (7) Analysis and Reporting. The results obtained is interactive learning media in the packaged in the form of compact discs (CD) named MEDA. Validation media implemented to produce proper interactive learning media be used. Validation performed there are three aspects of of expertise that is: media expert, linguists expert, and expert material. The result of media validation show that interactive learning media appropriate to use the ratings results has 83.67%. Ratings results of students' response to interactive learning media is expressed very well with 94.25% ratings.

Keywords: Interactive learning media, MEDA, Students’ response.

 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro