PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR BIPOLAR JUNCTION TRANSISTOR KELAS X-TAV DI SMK N 1 NGANJUK

Fitri Nurrohmah ., Meini Sondang Sumbawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang penerapan model pembelajaran Think Talk Write dalam upaya menciptakan model pembelajaran yang lebih aktif, komunikatif dan menyenangkan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. (2) mengetahui aktivitas belajar siswa.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design dengan penerapan pretest-post test. Analisis data yang digunakan adalah analisis butir tes yang terdiri dari uji validitas soal, uji reliabilitas, taraf kesukaran soal, daya beda soal. Untuk analisis hasil belajar menggunakan analisis awal yang terdiri dari uji normalitas pretest, uji homogenitas dan uji Paired sample T-test. Untuk aktivitas belajar siswa menggunakan lembar pengamatan aktivitas belajar.

Hasil yang diperoleh: (1) penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 90. (2)  aktivitas belajar siswa juga dapat  meningkat jika dilihat dari rata-rata  hasil pengamatan yang dilakukan yaitu 91% untuk semua aspek penilaian. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dan layak untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar.

Kata kunci: model pembelajaran Think Talk Write, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar Siswa.

 

Abstrack

This study discusses the application of Think Talk Write learning models in an effort to create a more active learning model, communicative and fun for students. The purpose of this study was to: (1) determine student learning outcomes after using Think Talk Write learning model. (2) determine students' learning activities.

The method used in this study is the Pre-Experimental Design with types One-group pretest-posttest design with pretest-posttest application. Analysis of the data used is the analysis of the test item consists of a validity test questions, test reliability, level of difficulty of questions, about the power difference. For the analysis of learning outcomes using initial analysis consisted of pretest normality test, homogeneity test and Paired sample t-test. For students' learning activities using observation sheets learning activities.

The results were obtained: (1) the application of Think Talk Write learning models can improve student learning outcomes with an average value of 90. (2) students' learning activities can also be increased when viewed from an average of the results of observations made, namely 91% for all aspects of assessment. Based on these descriptions can be concluded that the application of Think Talk Write learning models to improve learning outcomes and student learning activities and deserves to be applied in the teaching and learning process.

Keywords: Think Talk Write learning model, Learning Outcomes, Student Activities.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro