PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MEMAHAMI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMK NEGERI 1 CERME GRESIK

Syaifuddin . ., Puput Wanarti Rusimamto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran dengan desain model CTL yang layak untuk digunakan. Model pembelajaran CTL menekankan pada tujuh prinsip pembelajaran, yaitu konstruktivisme; menemukan; bertanya; masyarakat belajar; pemodelan; refleksi; dan penilaian sebenarnya. Ketujuh prinsip tersebut dimasukkan ke dalam kompenen perangkat pembelajaran dan diharapkan dapat membantu tercapainya hasil belajar yang baik serta membuat siswa menjadi lebih aktif.

Penelitian yang dilaksanakan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri atas 10 tahapan. Dalam penelitian ini hanya melaksanakan tujuh tahap, yaitu Tahap Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, serta Analisa dan Pelaporan. Penelitian ini disebut sebagai uji coba terbatas, karena tidak dilaksanakan pada lingkup yang luas (lingkup penelitian terbatas pada satu sekolah).

Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan desain model CTL termasuk dalam kategori sangat valid dengan rincian : hasil rating silabus sebesar 83,5 %; RPP sebesar 77,4 %; buku ajar 80,8 %; dan LKS 80 %. Hasil belajar antara siswa kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan perangkat pembelajaran model CTL menunjukkan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan tersebut. Dengan patokan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Persentase ketuntasan hasil belajar kelas eksperimen mencapai 93,7 %, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 65,6 %. Hasil pengamatan aktivitas siswa kelas eksperimen mencapai rating 83,6 %.

Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan perangkat pembelajaran yang didesain dengan model CTL lebih baik dari siswa yang tidak dibelajarkan dengan perangkat pembelajaran tersebut. Selain itu, tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan model CTL termasuk dalam kategori sangat baik.

Kata kunci :     CTL, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa

 

Abstract

This research aim to create learning set which is designed by CTL model that valid for use. The CTL model concern on seven principles of learning, that are constructivism; inquiry; questioning; learning community; modeling; reflection; and authentic assessment. That seven principles are included to components of learning set which is expected able to reach good  learning achievement and make the students become more active.

Study were conducted using Research and Development (R & D) method which consist of 10 phase. In this research conducted only seven phase, that are phase of Potention and Problem, Collecting Data, Product Design, Design Validation, Design Revision, Product examination, also Analysis and Reporting. This research classified as partial test, because conducted at scope limited in one school.

Partial test result shows that Learning Set CTL model included in very valid category by details, rating of silabus is 83,5 %; lesson plan is 77,4 %; textbook is 80,8 %; and work sheet is 80 %. Learning outcomes of experimental class which is learned by CTL model learning set is better than learning outcomes of control class which is not learned by it. Based on minimum criteria for completeness (KKM), the percentage of learning achievement of experimental class is 93,7 %, and 65,6 % for control class. Observations students activity of experimental class has a rating 83,6 %.

Based on conducted partial test result, could be concluded that learning achievement of students who is learned by CTL model learning set is better than students who is not learned by it. Besides that, the rate of students activitiy included very good category.

Key words: CTL, Learning Achievement, Students activity


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro