PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI BELAJAR GUIDED NOTE TAKING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 3 JOMBANG

Taufiq Mukharomain ., Puput Wanarti Rusimamto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran menggunakan strategi belajar Guided Note Taking dengan mengukur kelayakan perangkat pembelajaran Model Pengajaran Langsung dengan strategi belajar Guided Note Taking pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar dan untuk membantu siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar pada kelas X TEI di SMK Negeri 3 Jombang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan. Jenis pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan R & D yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahap, yakni tahap analisis masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk, dan tahap analisis & pelaporan. Untuk rancangan penelitian dalam tahap uji coba menggunakan bentuk One Shot Study Design. Dalam penelitian ini, disusun perangkat pembelajaran dan instrumen berupa lembar pelaksanaan pembelajaran yang telah divalidasi oleh para ahli. Uji coba dilakukan pada siswa kelas X TEI SMK Negeri 3 Jombang yang dijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi pada seluruh instrumen perangkat pembelajaran didapatkan rincian hasil rating sebagai berikut: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 82,91% dan Lembar Kerja Siswa 83,4% dan hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran sebagai aspek kepraktisan didapatkan hasil rating sebesar 75,55% yang masuk ke dalam kategori terlaksana dengan baik sedangkan untuk aspek keefektifan dilihat melalui keaktifan siswa yang mendapatkan nilai rata-rata dari empat kali pertemuan sebesar 76,2% yang masuk ke dalam kategori siswa aktif selama pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan tersebut masuk dalam kategori layak digunakan berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Berdasarkan nilai akhir yang diperoleh siswa kelas X TEI diketahui bahwa sebanyak 35 siswa dinyatakan tuntas dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% dan nilai rata-rata kelas 84,68 yang berarti ketuntasan belajar klasikal dinyatakan tuntas. Sedangkan jika ditinjau dari uji t diketahui bahwa thitung sebesar 13,225 di mana nilai tersebut lebih besar dibandingkan dengan tTabel sebesar 1.697 yang artinya ketuntasan hasil belajar siswa lebih besar dari KKM sebesar 75.

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Strategi Belajar, Elektronika Dasar

Abstract

This research aims to develop a learning instrument using Guided Note Taking learning strategy by measuring the worthiness of the Direct Teaching Model learning instrument with Guided Note Taking learning strategies on Basic Electronics Technique Subject and help the students to achieve Minimum Completeness Criteria (KKM) on Basic Electronics Technique Subject X TEI class in SMK Negeri 3 Jombang. This research used research and development type. The type of development that was done was R & D development that was modified into seven phases, namely the problem analysis, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, and analysis & reporting phase. For the research design in the product testing phase, the researcher used One Shot Study Design. In this research, the instrument arranged in the form of learning implementation sheets that was validated by experts. The test was done in X TEI class of SMK Negeri 3 Jombang as sample in this research as many as 35 students. The researcher used descriptive statistical analysis technique as data analysis technique in this research. The research result showed that the validation result on the entire learning instruments obtained the result details of rating as follows: Learning Implementation Plan (RPP) 82.91% and 83.4% Student Worksheet and learning observation feasibility result as a practicality aspect was obtained 75, 55% of that goes into the performing well category. While for effectiveness aspect can be seen through active students who obtain an average score of four meetings 76.2% that goes into the category of active students during learning. It can be concluded that the learning instrument that has been developed is included in the feasible category based on validity, practicality, and effectiveness aspect. Based on the final score obtained by X TEI student, 35 students declared complete with classical learning completeness percentage of 100% with 84.68 average score, which means classical learning completeness declared complete. Meanwhile, viewed from the t-test can be known that t-count was 13.225 where the value was greater than t-table 1.697, which means student learning completeness was greater than KKM in the amount of  75.

Keywords: Learning Instrument, Learning Strategy, Basic Electronics

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro