PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI ACTION LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI MEMASANG INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BANGUNAN GEDUNG

Alfi Yusuf ., Joko . .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan strategi action learning pada materi memasang instalasi penerangan listrik bangunan gedung, (2) mendeskripsikan keterlaksanaan pengelolahan pembelajaran dengan strategi action learning pada materi memasang instalasi penerangan listrik bangunan gedung, dan                         (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan strategi action learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Eksperimental Design dengan rancangan pre-test and post-test group. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TIPTL 2 di SMK Negeri 7 Surabaya. Penelitian ini menggunakan paired sampel t-test untuk mengukur perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran strategi action leraning menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar antara nilai pre-test dengan nilai post-test dengan hasil thitung lebih kecil dari ttabel dan kenaikan rata-rata nilai (mean) sebesar 23,12,                        (2) Tingkat keterlaksanaan pengelolahan pembelajaran strategi action leraning pada Materi Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Gedung kelas XI TIPTL 2 SMK Negeri 7 Surabaya terlaksana dengan baik skor rata-rata aspek pengelolahan pembelajaran berdasarkan skala likert pada kelas sebesar 3,64 berada pada kategori baik, dan (3) Tingkat respon siswa sebesar  terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan strategi action learning pada Materi Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Gedung menunjukkan respon positif.

Kata kunci : action learning, pengolahan pembelajaran, respon.

Abstract

This study aims to: (1) describe the difference in student learning outcomes before and after experienced the learning process using the action learning strategies on the material the installation of electric lighting of buildings, (2) describe the implementation of the learning process using action learning strategies on the material the installation of electric lighting of buildings and (3) describe the students' response towards the learning process using action learning strategy. The method used is Pre Experimental Design with the design of the pre-test and post-test group. Subjects in this study are students of class XI TIPTL 2 in SMK Negeri 7 Surabaya. The results used paired sampel t-test to measure the difference in student learning outcomes. The results shows that: (1) The implementation of the action learning strategies shows a significant difference towards the learning outcomes between the pre-test to post-test values ​​with the results tcount -18,44 smaller than ttable -1,69 and the rise of average value (mean) of 23,12, (2) The level of implementation of the action learning strategies on the material the installation of electric lighting of buildings of class XI TITL 2 SMK Negeri 7 Surabaya conducted very well with mean score for implementation aspects of learning based on a Likert scale on class 3,64 are in the good category, and      (3) the students’ response rate rise to 91,56% towards the implementation of the action learning strategy on the material the installation of electric lighting of buildings showed a positive response.

Keywords: action learning, the implementation of the learning, response.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro