PENGEMBANGAN TRAINER DAN JOBSHEET MIKROKONTROLLER BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESSOR DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Muhammad Ikhwan Ridha, Puput Wanarti Rusimamto

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer dan jobsheet mikrokontroller arduino uno sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik mikroprosessor di SMK Negeri 3 Surabaya. Selain itu bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran trainer dan jobsheet mikrokontroller arduino uno pada kompetensi dasar menerapkan pemrograman input-output analog digital.

Metode penelitian menggunakan Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu : (1) tahap analisis potensi dan masalah, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi desain, (5) revisi desain, (6) tahap uji coba produk, (7) tahap analisis dan pelaporan. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan, serta hasil respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media trainer dan jobsheet yang dihasilkan.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi diperoleh rating validasi trainer sebesar 96% dengan kategori sangat baik dan rating validasi jobsheet sebesar 92,85% dengan kategori sangat baik. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat pada media trainer dan jobsheet mikrokontroller arduino uno dinilai mendapat respon/tanggapan positif dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 77,28% yang dikategorikan baik. Berdasarkan rating tersebut, trainer dan jobsheet mikrokontroller arduino uno yang dikembangkan layak dan baik digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik mikroprosessor di SMK Negeri 3 Surabaya.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Trainer dan Jobsheet Mikrokontroller Arduino Uno, R&D.

 

Abstract

The aims of this research are to know the properness of trainer and job sheet Arduino Uno microcontroller as learning media on subject of microprocessor engineering in SMK Negeri 3 Surabaya. Beside that, it aimed to know student response toward learning media trainer and job sheet Arduino Uno microcontroller on basic competence of Applying Analog Digital Input-Output Programming.

Research method is using Research and Development (R&D). In this research there are 7 (seven) phases: (1) potential and problem analysis, (2) collecting data, (3) product design, (4) design validation, (5) design revision, (6) testing product, (7) analysis and reporting. Data collection of this research obtained from result of validation to know the properness of learning media were produced, also student response to know student perception toward media trainer and job sheet were produced.

Based on research yield, obtained conclusions those, result of trainer validation obtained rating 96% with category excellent and job sheet validation rating 92.85% with category excellent. Student response on total aspects within media trainer and job sheet Arduino Uno microcontroller obtained response/perception positive with mean rating 77.28% which categorized good. Based on that rating, trainer and job sheet Arduino Uno microcontroller were developed is proper and good to be used as learning media on subject of microprocessor engineering in SMK Negeri 3 Surabaya.

Keywords : Learning Media, Trainer and Job Sheet Arduino Uno Microcontroller, R&D.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro