PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER TELEVISI PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI SISTEM PENERIMA TELEVISI PROGRAM KEAHLIAN AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 1 BENDO

Rifa'i Ihsan ., Edy Sulistiyo .

Abstract


Abstrak

Pada materi pembelajaran memperbaiki sistem penerima televisi di SMK Negeri 1 Bendo, kegiatan pembelajaran yang dilakukan lebih cendrung mengulas teori. Hal ini disebabkan kurang adanya  media pembelajaran berupa trainer televisi. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan membuat trainer televisi berserta jobsheet  yang layak untuk digunakan sebagai media praktikum memperbaiki televisi. Hasil dari penelitian ini menghasilkan trainer berserta jobsheet. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian research and development (R&D) dari Sugiyono. R&D yang dilakukan ada 7 tahap yakni: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, dan (6) uji coba produk, (7) analisa dan pelaporan. Sasaran penelitian yaitu kelas XI TAV di SMK Negeri 1 Bendo tahun ajaran 2014/2015.Analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis hasil rating. Hasil rating yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Untuk validasi desain trainer secara keseluruhan mendapatkan penilaian rata-rata 85,83% termasuk dalam kategori sangat layak, (2) hasil validasi jobsheet mendapat penilaian rata-rata 83,57% termasuk dalam kategori sangat layak. Maka dapat disimpulkan bahwa trainer dan jobsheet layak untuk digunakan. (3) Untuk respon trainer mendapatkan penilaian sebesar 84,86% termasuk dalam kategori sangat baik/menarik, (4) untuk respon jobsheet mendapatkan penilaian sebesar 86,70% termasuk dalam kategori sangat baik/menarik. Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan trainer televisi dan jobsheet dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: trainer, jobsheet, research and development, hasil rating

Abstract

On the learning materials of the television receiver system in SMKN 1 Bendo Magetan, repair activities carried out more appropriate learning theory review. This is due to lack of learning media in the form of trainers. Research and development aims to develop and make television along with trainer jobsheet eligible to be used as a medium of teaching television fix. The results of this research produces the trainer along with jobsheet. In this study using a research model of research and development (R&D) of Sugiyono. R&D performed there are 7 stages: (1) the potential and problems, (2) data collection, (3) product design, design validation (4), (5) revision of design, and (6) test products, (7) the analysis and reporting. Objectives of research i.e. class XI TAV in SMK Negeri 1 Bendo Magetan  school year 2014/2015. Data analysis is done is to use the analysis of the results of the rating. The rating results obtained are as follows: (1) to validate the design of the overall gain trainer assessment average 85,83% is included in the category of very decent, (2) the results of the validation jobsheet got an average assessment of 83,57% included in the category of very decent. Then it can be inferred that the trainer and jobsheet worth to use. (3) to get the trainer assessment response of 84,86% is included in the category of good/interesting, (4) for response assessment of 86,70 get jobsheet% included in the category of good/interesting. From the results of this research can be inferred then trainer jobsheet television and can be used as a medium of instruction.

Keywords: trainer, jobsheet, research and development, the results of the rating


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro