PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS LECTORA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR KELAS X TAV DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

Sabiatus Soibah ., Lusia Rakhmawati .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan MEKADATOR. MEKADATOR merupakan singkatan dari media pembelajaran interaktif berbasis Lectora pada mata pelajaran teknik elektronika dasar. MEKADATOR dibuat untuk memudahkan siswa dalam memahami materi secara mandiri. Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah menggunakan MEKADATOR, metode yang digunakan yaitu Pre – Eksperimntal Designs dengan menggunakan desain penelitian “One- Shot Case Study”. MEKADATOR diuji cobakan kepada siswa kels X TAV 2 di SMK Negeri 7 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah metode 4-D (Four D-Model) yang terdiri dari 4 tahap yang harus dilakukan, tetapi dalam penelitian ini tahapan yang dilaksanakan yaitu Define (Pendefisian), Design (Perancangan), dan Develop (Pengembangan). MEKADATOR yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang Dosen Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya, 1 orang Dosen Teknik Informatika Universitas Negeri Surabaya dan 1 orang Guru SMK Negeri 7 Surabaya. Hasil analisis menunjukkan skor rata – rata hasil validasi media sebesar 82,00% dengan kategori sangat valid, skor     rata – rata hasil respon siswa terhadap media sebesar 91,38% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa setelah menggunakan MEKADATOR  sebesar 90% atau sebayak 27 siswa yang tuntas dan 10% atau sebanyak 3 siswa yang tidak tuntas dengan nilai KKM yaitu 2,67. Berdasarkan data hasil analisis penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa MEKADATOR valid digunakan untuk belajar siswa secara mandiri.

Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, Lectora Inspire, Penelitian 4-D.

 

Abstract

This study had an objective to understand MEKADATOR validity. MEKADATOR was an abbreviation of Lectora Based-Interactive Learning Media on basic electronical engineering subject. MEKADATOR designed to facilitate student in material understanding independently. For knowing the completeness of students’ achievement after using MEKADATOR, method used was Pre-Experimental Design by using experiment design “One-Shot Case Study”. MEKADATOR was tested to students of class X TAV 2 in SMKN 7 Surabaya. Method used in this study and development was method of 4-D (Four D-Model) consisted of four stages that must be done, but in this study stages that have done were Define (defining), Design (designing), and Develop (developing). MEKADATOR developed was validated by two lecturers of electrical engineering of State University of Surabaya, one lecturer of informatic engineering of State University of Surabaya, and one teacher of SMKN 7 Surabaya. Result showed average score of validation result in media was 82 % with category of very valid, average score of students response result to media was 91,38 % with category of very good. Students’ achievement after using MEKADATOR was 90 % or 27 students were succsess and 10 % or 3 students were failed with KKM value was 2,67. Based on data of study analysis, then it could be concluded MEKADATOR was valid to be used for students learning independently.

Key words: Interactive learning media, Lectora inspire, experiment of 4-D.

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro