PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ADOBE CAPTIVATE 8 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK KELAS X TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Arif Ardiyanto ., Nur Kholis .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Membuat media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate 8 yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik listrik ditinjau dari validitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. (2) Mengetahui bagaimana respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate 8 pada mata pelajaran teknik listrik.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan   R&D   (research   and   development), yaitu: (1) Tahap potensi dan masalah, (2) Tahap pengumpulan data, (3) Tahap desain produk, (4) Tahap validasi desain, (5) Tahap revisi desain, (6) Tahap ujicoba produk, (7) Tahap analisa dan pelaporan.

Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah produk media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate 8. Media pembelajaran yang di validasi dalam kategori sangat valid dengan presentase hasil rating sebesar 90,4%. Sedangkan hasil belajar siswa diketahui bahwa rata-rata nilai siswa 2,89 dengan predikat B sehingga dapat  dinyatakan tuntas dalam belajar. Di tinjau dari hasil validasi dan ketuntasan hasil belajar siswa maka media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Captivate 8 layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri siswa pada mata pelajaran teknik listrik. Respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat baik dengan hasil rating 85,2%.

Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, (R&D), Respon siswa.

 

Abstract

This research aims: (1) to create interactive learning media-based on Adobe Captivate 8 which properly used as a media of learning electrical engineering subjects that observed from student learning results validity and thoroughness. (2) to know how students' response to interactive learning media based on Adobe Captivate 8 in electrical engineering subjects.

This research uses R&D method (research and development). It is some phases of (1) potentials and problems, (2) collecting data, (3) designing products, (4) design validation (5) design revision, (6) testing products, (7) analyzing and reporting.

The results of this development research is a product of interactive learning media based on Adobe Captivate 8. Learning media which was validated in a very valid category by rating 90.4 percentage points. While the result of student learning is on average of 2,89 points with B predicate. so that it can be stated  that the study is complete. Reviewed from the validation results and student learning completeness, the interactive learning media based on Adobe Captivate 8 is properly used as a source of independent study for students in electrical engineering subjects. Students' response to interactive learning media is excellent by rating  85.2 precentage points.

Keywords: Interactive Learning Media, (R&D), Students’ Response.

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro