PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB MENGGUNAKAN UCOZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK DI SMK NEGERI 1 NGANJUK

Pandu Prakoso ., Subuh Isnur Haryudo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman materi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dikelas dengan metode ceramah dan adanya dukungan fasilitas wifi yang belum dimaksimalkan penggunaannya dalam menunjang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran dasar dan pengukuran listrik setelah menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis web menggunakan ucoz di SMK Negeri 1 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi  eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian non-equivalent ­control group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar siswa (ranah kognitif). Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa selama pembelajaran menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis web menggunakan ucoz. Untuk mengetahui respon siswa terhadap media digunakan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar ranah kognitif kelas kontrol didapatkan bahwa  thitung -42,76 < ttabel -2,03 dengan nilai rata-rata 75,56, sedangkan hasil belajar ranah kognitif kelas eksperimen didapatkan bahwa thitung -56,403 < ttabel – 2,032 dengan nilai rata-rata kelas 80,38. Hasil belajar ranah afektif kelas kontrol dengan nilai rata-rata 79,77 sedangkan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 81,64. Hasil belajar ranah psikomotor kelas kontrol dengan nilai rata-rata 81,86 sedangkan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 87,23, (2) respon siswa tentang pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis web menggunakan ucoz dengan rata-rata hasil rating sebesar 81,62% dikaterogikan sangat menarik, (3) hasil uji peningkatan (gain) dapat diketahui bahwa persentase kelas eksperimen lebih unggul daripada persentase kelas kontrol yaitu kriteria gain tinggi pada kelas eksperimen 31,43%, sedang 68,57%, dan rendah 0%, pada kelas kontrol kriteria tinggi 2,78%, sedang 97,22%, dan rendah 0%.

Kata kunci: Pengembangan, E-Learning, Ucoz, Hasil Belajar.

 

Abstract

This observation was based on the lack of understanding the student’s material in class’ study process by lecturing method, furthermore the existence of wi-fi facility was regarded as not maximized yet in order to support the study process. This observation aimed to know whether there is any increase in students’ study results for Basic and Electrical Measurement subject after using the web-based e-learning media using Ucoz at State Vocational School 1 Nganjuk. The observation used Quasi Experimental method with non-equivalent ­control group pretest-posttest observation design. The instruments used in collecting the data were the results of students’ study result test (in cognitive area). The data analysis technique used the t test in order to know the difference of students’ study result during the study process using web-based e-learning media. In order to know the students’ response toward the media, questionnaires were used. The result of this observation showed that: (1) study result for cognitive area in controlled class resulted tcount -42,76 < ttable -2,03 with the average score of 75,56, while the cognitive area in the experimental class resulted  tcount -56,403 < ttable – 2,032 with the average score of 80,38. The result in affective area in controlled class had the average score of 79,77, while the experimental class had the average score of 81,64. The result in psychomotor area in controlled class had the average score of 81,26, while in the experimental class had the average score of 87,23, (2) the students’ response toward the development of web-based e-learning media using Ucoz with average value 81,62% categorized very interesting, (3) the result of gain increase test showed that the percentage of experimental class was higher than the controlled one, which resulted that in experimental class, high gain criteria was 31,43%, medium gain criteria 68,57%, and low gain criteria 0%, while in controlled class the high gain criteria was 2,78%, medium gain criteria 97,22%, and low gain criteria 0%.

Keywords: Development, E-Learning, Ucoz, Study Result.

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro