PENGEMBANGAN DAN PENELITIAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DILENGKAPI SOFTWARE PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TIPTL SMK NEGERI 1 NGANJUK

Kodrat Setiawan ., Joko . .

Abstract


Abstrak

Pengembangan media pembelajaran yang berbasis komputer dalam mempelajari materi pembelajaran sangatlah kurang penerapannya di SMK Negeri 1 Nganjuk. Tujuan penelitian ini untuk:                    (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif, (3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran interaktif, (4) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, (5) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan. Metode penelitian adalah Research And Development (R&D) dengan design penelitian  Quasi  Eksperimental (eksperimen semu) jenis  non-equivalentcontrol group pretest-posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TIPTL SMK Negeri 1 Nganjuk. Objek penelitian ini berupa pengembangan model pembelajaran interaktif dilengkapi software prezi. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan Independent Sample  T-Test untuk mengetahui perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi dari 2 dosen dan 1 guru mata pelajaran memperoleh rating RPP sebesar 82,96% dengan kriteria valid atau layak, LKS sebesar 85,92% dengan kriteria sangat valid, media pembelajaran sebesar 86,19% dengan kriteria sangat valid, dan soal pretest-posttest sebesar 85,19% dengan kriteria sangat valid. (2) Hasil respon media pembelajaran interaktif pada kelas eksperimen sebesar 84,29% dengan kriteria sangat baik. (3) Hasil uji peningkatan (gain) didapat presentase kelas eksperimen lebih unggul dari pada presentase kelas kontrol yaitu kriteria gain tinggi pada kelas eksperimen sebesar 83,33%, kriteria sedang sebesar 16,67%, dan kriteria rendah 0%. (4) Perbedaan hasil belajar ranah pengetahuan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada pretest sebesar 1,747 < 2,001 artinya kemampuan awal tidak ada perbedaansedangkan posttest sebesar -10,63 < -2,001 artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Kata kunci: Pengembangan, Pembelajaran, Prezi, Peningkatan, Penerangan.

Abstract

Development of computer-based learning media in learning material has definitively less its applicability in of state vocational school 1 Nganjuk. This study aims to: (1) Produce media interactive learning, (2) know the feasibility of interactive learning media, (3) knowing the student response against media interactive learning, (4) Knowing the increase in student learning outcomes in the cognitive domain, (5) know the difference in student learning outcomes in the cognitive domain. The research method used is Research and Development (R&D) with research design Experimental Quasi (quasi experimental) type non-equivalent control group pretest-posttest. The subject in this study is grade XI TIPTL of state vocational school 1 Nganjuk. The object of this research is developed interactive learning model with software-equipped called Prezi. The data analysis techniques are t-test which is to find out the improvement results of the study and Independent Sample T-test which is to distinguish the learning result whether it is better or not. The results of the study show that: (1) the results of the validation from 2 professors and 1 subject teacher the blueprint (RPP) gains rating registration 82,96% with very valid or worthy criteria,  learning media (LKS) 86,19% with the very valid criteria, and pretest-posttest quetions 85,19% with the very valid criteria. (2) the result of interactive learning media response in the experiment class 84,29% with very well criteria. (3) the results of the improvement test is the experiment class with gaining procentage 83,33% which is refer to high better than the control class with gaining procentage 16,67% which is refer to medium and 0% for low. (4) the differences cognitive realm of learning outcomes between

 

control and experimental class on the pretest is 1.747 < 2.001 means initial capability have no differences while the posttest is -10,63 < -2.001 means there are differences in learning results between the control and the experimental class.

Key words: Development, Learning, Prezi, Improvement, Lighting.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro