PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

Hendro Pramono ., Meini Sondang Sumbawati

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat suatu media pembelajaran berbasis android pada standar kompetensi menerapkan dasar-dasar teknik digital yang layak digunakan ditinjau dari (1) Validitas media pembelajaran berbasis android, (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android, (3) Pencapaian hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan design research menurut Plomp (2013). Metode penelitian Plomp ini terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) tahap investigasi awal, (2) tahap prototyping dan (3) tahap evaluasi sumatif. Subjek penelitian ini adalah kelas XI - TEI SMK Negeri 2 Lamongan. Desain penelitian menggunakan One Shot Case Study dimana dalam desain penelitian ini mengambil satu sampel tanpa ada sampel kontrol sebagai pembanding. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode tertulis. Analisis data dilakukan dengan penyajian data penelitian, analisis tingkat rating, persentase skor, tabulasi tabel serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah aplikasi media pembelajaran berbasis android yang telah divalidasi dengan rating mendapatkan presantase skor rerata 85% dengan kriteria nilai sangat baik. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis android didapatkan presentase skor rerata 80,4% dengan kriteria nilai baik. Hasil belajar siswa mendapatkan rerata nilai 89,97 dan ketuntasan kelas mendapatkan presentase sebesar 86%. Hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas.

Kata Kunci : Mobile Learning, Android, Plomp, Hasil Rating

Abstract

The aim of this research is to create an android based learning media in standard competence to apply the basics of digital techniques are suitable to use in terms of (1) The validity of android based learning media, (2) The response of students to the android based learning media, (3) Achievement of results student learning using android based learning media. This research is development research that uses a design research according to Plomp (2013). Plomp research method consists of 3 stages, there are (1) preliminary research stage, (2) prototyping stage, (3) assesment stage. The subject of this research is XI- TEI SMK Negeri 2 Lamongan. The researh design uses One Shot Case Study that takes one sample without control sample as comparison. The data collection technique uses questionnaire and written methods. The data analysis is done by data display research, rating level analysis, score percentage, tabulation table and conclusion. The result of this research was learning media application based on android that had been validated with rating reached average score percentage of 85% with very good criterion. The result of students’ responses of learning media based on android reached average score percentage of 80,4% with good criterion. The result of students’ learning reached average score of 89,97 and the thoroughness of the class reached percentage of 86%. It proved that learning media based on android which was developed stated well used as learning media in the classroom.

Keywords : Mobile Learning, Android, Plomp, rating result


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro