PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING BERBANTUAN SMARTPHONE ANDROID PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ANTENA STUDI PADA SISWA KELAS XI TAV SMK NEGERI 1 NGANJUK

Rizky Firdausi ., Agus Budi Santosa

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui validitas media pembelajaran Mobile Learning dengan berbantuan Smartphone Android, mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Mobile Learning dengan berbantuan Smartphone Android, mengetahui hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Mobile Learning dengan berbantuan Smartphone Android. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement and Evaluate) dengan menggunakan strategi pengujian One-Shot Case Study dengan ketuntasan belajar minimal ≥ 2,66 atau B-. Tahapan penelitian ini meliputi (1) Analisis latar belakang masalah (2) Desain media (3) Pengembangan media (4) Implementasi media (5) Evaluasi media.Hasil validitas media Mobile Learning dengan berbantuan Smartphone Android dinyatakan valid dengan persentase sebesar 79,83%. Respon siswa terhadap media pembelajaran Mobile Learning dinyatakan valid dengan persentase sebesar 80,5%. Hasil belajar siswa yang dinyatakan tuntas di kelas TAV 1 sebanyak 80,64% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 19,36%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut  media pembelajaran Mobile Learning dengan berbantuan Smartphone Android pada kompetensi dasar Memahami spesifikasi data teknis konektor frekuensi radio dan penerapannya dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran perekayasaan sistem antena.

Kata Kunci: Mobile Learning, Smartphone, android, Perekayasaan sistem antena.

Abstract

The study aims are find out the validity of Mobile learning instructional media with  assisted Android smartphone, find out the student’s response towards Mobile learning instructional media with  assisted Android smartphone, find out the student’s learning outcomes use Mobile learning instructional media with  assisted Android smartphone. The Experiment methods used ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement and Evaluate) by using experiment design One-Shot case Study with learn at least value ≥2,66 or B-. Research’s phases include (1) Analyze problem background (2) Media design (3) Media development (4) Impement of media (5) Evaluate of media. The result of the study is validity of Mobile Learning instructional media with assisted Android smartphone include in category of valid by percentage of 79,83%. The Student’s response towards Mobile learning instructional media include category of valid by percentage 80,5%. Student’s learning outcomes who complete in class TAV 1 as much as 80,64% and student who do not complete as much as 19,36%. So, it  be concluded that Mobile learning instructional media assisted Android smartphone on basic competences understand specifications tehnical radio frequency data connector are categorized worthy an engineering antenna system learning activities .

Keywords: Mobile Learning, Smartphone, android, Engineering of Antenna System.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro