PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBI DAN KONSEP DIRI TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DASAR DI KELAS X AV SMK NEGERI 3 SURABAYA

Rr. Nur Fatmawati ., Ismet Basuki .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap perbedaan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan pada mata pelajaran elektronika dasar antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dan model pembelajaran langsung, (2) mengungkap perbedaan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada mata pelajaran elektronika dasar antara siswa yang memiliki konsep diri positif dan yang memiliki konsep diri negatif, dan (2) mengungkap interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri terhadap pencapaian kompetensi siswa pada mata pelajaran elektronika dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Teknik analisis data menggunakan analisis varian (Anava) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada  perbedaan kompetensi sikap dan kompetensi pengetahuan pada mata pelajaran elektronika dasar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berdasar masalah dan model pembelajaran langsung dengan nilai signifikansi secara berturut-turut sebesar 0.027 dan 0.00. Pada kompetensi keterampilan pada mata pelajaran, tidak terdapat perbedaan antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran berdasar masalah dan model pembelajaran langsung dengan nilai signifikansi sebesar 0.896, (2) tidak ada perbedaan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada mata pelajaran elektronika dasar antara siswa yang memiliki konsep diri positif dan yang memiliki konsep diri negatif dengan nilai signifikansi secara berturut-turut sebesar 0.184, 0.792 dan 0.054, dan (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan konsep diri terhadap pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa pada mata pelajaran elektronika dasar dengan nilai signifikansi secara berturut-turut sebesar 0.289, 0.069, dan 0.896.

Kata Kunci: model pembelajaran berdasar masalah,konsep diri,kompetensi siswa,eldas.

Abstract

The purpose of this research were to determine: (1) differences competence of attitudes, knowledge and skill in basic electronics subjects between students who are taught using problem based instruction and direct instruction, (2) difference competence of attitude, knowledge skills in basic electronics subjects between students who have a positive and negative self concept, and (3) interaction between instruction model and self concept to achievement of student’s competence in basic electronics subject. The research was carried out by experimental design. Data analysis techniques using two way anova. The results showed that: (1) there were difference competence of attitude and knowledge in basic electronics subjects among students who are taught using problem based instruction and direct instruction with the significance of  0.027 and 0.00 consecutively. While the competence of skill, there is no difference between students who are taught using problem based instruction and direct instruction with the significance of 0.896, (2) there was no difference in competence of attitude, knowledge, and skills in basic electronics subjects between students who have a positive and negative self concept with the significance of 0.184, 0.792, and 0.054 consecutively, and (3) there was no interaction between instruction model and self concept to achievement student’s competence of attitudes, knowledge and skills in subjects basic electronics with significance of 0.289, 0.069 dan 0.896 consecutively.

Keywords: problem based instruction, self concept, student’s competence, basic electronics.

 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro