IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Saraswati Intan Nugrahaeni, I Gusti Putu Asto B

Abstract


Abstrak

Permasalahan pada penelitian ini adalah masih banyak guru yang menggunakan model pembelajaran langsung di sekolah.  Pada pembelajaran langsung, proses pembelajaran berpusat pada guru (teacher center), sehingga siswa menjadi kurang aktif. Pada implementasi pembelajaran kontekstual ini, diharapkan siswa menjadi aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Rancangan dalam penelitian ini berupa quasi experimental design dengan design nonequivalen control group design, subyek dalam penelitian ini adalah kelas X TAV 3 sebagai kelas kontrol dan kelas X TAV 4 sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung sedangkan kelas sedangkan kelas eksperimen diajarkan menggunakan Contextual Teaching And Learning. Untuk hasil belajar pada penelitian ini meliputi dua ranah yaitu, ranah kognitif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas kontrol dengan rata-rata nilai hasil belajar ranah kognitif, dan psikomotor secara berturut-turut adalah 3,23 dan 3,15. Sedangkan untuk kelas eksperimen, rata-rata nilai hasil belajar ranah kognitif, dan psikomotor secara berturut-turut adalah 3,36 dan 3,39. Hasil uji perbedaan hasil belajar ranah kognitif dan psikomotor secara berturut-turut didapatkan nilai thitung sebesar 19,559 dan 3,439 dengan ttabel sebesar 1,992. Dengan demikian thitung > ttabel disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung dan pembelajaran Contextual Teaching and Learning.

Kata kunci : Pembelajaran, Contextual Teaching And Learning, Hasil Belajar.

Abstract

The issues of this research is still many teacher use direct instruction in school. In direct instruction, the process is centered on teacher (teacher center), so students become less active. In implementation of contextual learning, students are expected to become active and can improve student learning outcomes. This research method used experiment. The design in this research is a quasi experimental with shape nonequivalen control group design, the subject of of this research is X TAV 3 as the control class and X TAV 4 as experimental class. The control class use direct instruction learning models while for experimental using contextual teaching and learning. For outcomes examined in this research included cognitive, and psychomotor. The results showed learning outcomes control class with an average value of cognitive learning, and psychomotor respectively is 3,23 and 3,15. As for the experimental class, the average value of the results of cognitive learning, affective and psychomotor respectively is 3,36 and 3,39. The result of differences in learning outcomes cognitive and psychomotor successively obtained tcount at 19,559 and 3,439 with ttabel value of 1,992. Thus tcount > ttabel concluded that there is a difference between learning outcomes of students that learned to use direct learning model and contextual teaching and learning.

Keywords: Learning, Contextual Teaching And Learning, learning outcome.

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro