PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI MENGGUNAKAN COURSELAB 2.4 PADA KOMPETENSI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA DIGITAL DI SMK 3 NEGERI SURABAYA

Ahmad Novandi ., I Gusti Putu Asto B

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran Courselab 2.4 pada mata diklat Dasar-Dasar Elektronika Digital, (2) mengetahui respon guru terhadap media pembelajaran yang dihasilkan, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap media pembelalajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian 4-D (Four- D). Dengan empat tahapan, yaitu: (1)  pendefinisian (define); (2) perancangan (design); (3) pengembangan (develop); dan (4) penyebaran (disseminate). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X TAV 2 SMK Negeri 3 Surabaya. Media pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan Courselab 2.4 pada mata diklat Dasar-Dasar Elektronika Digital, dari hasil validasi media tersebut memperoleh penilaian sebesar 80,45%, artinya media pembelajaran baik digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Hasil angket respon guru menunjukkan penilaian sebesar 84,43%, artinya media pembelajaran sangat baik digunakan oleh guru untuk menyampaikan materi kepada siswa. Hasil angket respon siswa menunjukkan penilaian sebesar  82,22%, artinya media sangat baik bagi siswa untuk membantu siswa memahami materi yang dipelajari.

Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Courselab 2.4, Respon Guru, dan Respon Siswa.

Abstract

The purpose of this study were: (1) determine the feasibility of instructional media Courselab 2.4 at competence of electronic digital basics training, (2) determine the response of teachers to instructional media produced, and (3) determine students' response to learning media.  This study used 4-D methodology (Four- D). With four stages, namely: (1) definition; (2) design; (3) development; and (4) disseminate. The targets of this research were students of class X TAV 2 SMKN 3 Surabaya.  The Learning Media generated in this study was learning media using the training Courselab 2.4 competence of electronic digital basics, the results of the media validation acquire 80.45%, which means learning media is used to aid the learning process. Results of teachers' questionnaire responses showed 84.43%, which means learning media was the best used by teachers to deliver material to students. The result of student questionnaire responses showed 82.22%, which means that the media was very good to help students understand the material being studied.

Keywords: The Development of  Learning Media, Courselab 2.4, Response Teacher, and Student Response.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro