PENGEMBANGAN TRAINER MIKROKONTROL BERBASIS ATMEGA16 DENGAN MENERAPKAN APLIKASI KIT SENSOR ULTRASONIC DAN KIT SENSOR INFRA RED SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESSOR DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Rochman Adi S.P, Bambang Suprianto .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan trainer mikrokontrol Atmega16 dengan menerapkan aplikasi kit sensor ultrasonic dan kit sensor infra red serta jobsheet sebagai bahan ajar pada mata pelajaran teknik mikroprosessor di SMK Negeri 3 Surabaya. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan trainer mikrokontrol berbasis Atmega16.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba produk, (7) Analisis data dan pelaporan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode validasi dan metode angket.

Hasil penelitian ini adalah berupa trainer mikrokontrol berbasis Atmega16 yang telah divalidasi dinyatakan sangat baik dengan rata-rata presentase sebesar 86,43%. Jobsheet trainer mikrokontrol Atmega16 dinyatakan sangat baik dengan rata-rata presenstase sebesar 83,94%. Respon siswa terhadap penerapan jobsheet dan trainer mikrokontrol berbasis Atmega16 dinyatakan baik dengan rata-rata presentase sebesar 79,7%, sehingga dapat disimpulkan bahwa jobsheet dan trainer mikrokontrol Atmega16 dengan menerapkan aplikasi kit sensor ultrasonic dan kit sensor infra red dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran teknik mikroprosessor di SMK Negeri 3 Surabaya.

Kata kunci: Trainer Mikrokontrol Atmega16, Research and Development, Teknik Mikroprosessor.

Abstract

This study aims to generate and develop microcontroller ATmega16 trainer by applying ultrasonic sensor application kit and kit infra red sensors and jobsheet as teaching materials on the subjects of microprocessor engineering in SMK Negeri 3 Surabaya. In addition, this study also aims to determine students response to the application based microcontroller ATmega16 trainer.

The method used is the research and development (R & D). Stages of study include: (1) The potential and problems, (2) The collection of data, (3) Design products, (4) Validation of design, (5) Revision of design, (6) Test product, (7) Data analysis and reporting , Data collection techniques in this study using the method validation and the questionnaire method.

Results of this research is in the form of a microcontroller based trainer ATmega16 validated otherwise excellent with an average percentage of 86.43%. Jobsheet trainer ATmega16 microcontroller otherwise excellent with an average percentage of 83.94%. Students response to the application of the jobsheet and trainers based microcontroller ATmega16 expressed either by the average percentage of 79.7%, so it can be concluded that jobsheet and microcontroller ATmega16 trainer by applying ultrasonic sensor kit applications and infra red sensor kit is declared fit for use as a medium of learning in subjects microprocessor engineering in SMK Negeri 3 Surabaya.

Keywords: ATmega16 Microcontroller Trainer, Research and Development,  Microprocessor Engineering.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro