PENGARUH MODEL PENGAJARAN LANGSUNG MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING DENGAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TIPTL SMK NEGERI 3 SURABAYA

Anggar Sukmana Saputra, Munoto . .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pengajaran langsung menggunakan metode Quantum Learning dan metode ceramah pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi  eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent ­control group pretest-posttest. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas dengan jumlah siswa masing-masing 31 siswa. Kelas eksperimen adalah kelas XI TIPTL 1 sedangkan kelas kontrol adalah kelas XI TIPTL 3 di SMK Negeri 3 Surabaya semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tertulis. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:     (1) terdapat pengaruh hasil belajar siswa ranah pengetahuan yang diajarkan dengan model pengajaran langsung menggunakan metode Quantum Learning sehingga berpengaruh positif dan berkriteria tinggi didapatkan nilai rata-rata posttest 86.12 serta signifikansi sebesar 0.000, (2) terdapat pengaruh hasil belajar siswa ranah pengetahuan yang diajarkan dengan model pengajaran langsung menggunakan metode ceramah dapat berpengaruh positif dan berkriteria tinggi didapatkan nilai rata-rata posttest 77.95 serta signifikansi sebesar 0.000, (3) terdapat perbedaan hasil belajar pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan antara siswa yang diajarkan dengan model pengajaran langsung menggunakan metode Quantum Learning dan metode ceramah didapatkan signifikansi berturut-turut sebesar 0.000, 0.021 dan 0.000.

Kata kunci: Pengaruh, Quantum Learning, ceramah, hasil belajar

Abstract

The research aimed at figuring out the students’ outcomes taught by Direct Instruction model by means of Quantum Learning method and Lecture method at the subject of electric light installation. The research was experimental by employing the research method of Quasi Experiment with non-equivalent control group pretest-posttest. Two classes with 31 students per each were taken as the research samples. The experimental class was grade XI TIPTL 1 while the control class was grade XI TIPTL 3 of State Vocational School 3 Surabaya at odd semester of 2015/2016 academic year. The data collection technique used written method. T-test was utilized as the data analysis technique. The research results indicated that: (1) the direct instruction model by means of Quantum Learning method gave positive influence and high criteria toward the students’ cognitive domain as it had the posttest average score of 86.12 and significance of 0.000, (2) the direct instruction model by means of Lecture method gave positive influence and high criteria toward the students’ cognitive domain as it had the posttest average score of 77.95 and significance of 0.000, (3) there were differences on the students’ outcomes at the domains of cognitive, affective, and psychomotor taught by direct instruction teaching model by means of Quantum Learning method and Lecture method which showed the significances of 0.000, 0.021, and 0.000 respectively.

Keywords: Effects of, Quantum Learning, Lecture, student`s result.

 


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro