HUBUNGAN GAYA BELAJAR AUDITORIAL, VISUAL, DAN KINESTETIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA SISWA KELAS X AUDIO VIDEO DI SMKN 3 JOMBANG

Julian Primadana Putra, I Gusti Putu Asto B

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik beserta kontribusinya terhadap prestasi belajar mata pelajaran elektronika siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 3 Jombang. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 3 Jombang yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variabel gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik, sedangkan variabel prestasi belajar menggunakan dokumentasi sekolah. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar visual terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknik elektronika siswa kelas X TAV dan kontribusi gaya belajar visual terhadap prestasi belajar elektronika sebesar 9,9%; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknik elektronika siswa kelas X TAV dengan kontribusi gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknik elektronika sebesar 1,4%; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar kinestetik terhadap  prestasi  belajar  mata  pelajaran teknik elektronika siswa  kelas  X  TAV dengan kontribusi gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar elektronika sebesar 9%; (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran teknik elektronika siswa kelas X Teknik Audio Video SMKN 3 Jombang dengan kontribusi dari ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama yaitu sebesar 19% terhadap prestasi belajar teknik elektronika dan sebesar 81% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil dari analisis regresi ganda dengan tiga prediktor diperoleh persamaan garis regresi Y’ = 66,716 + 0,239x1 + 0,017x2  + 0,150x3 yang memiliki arti setiap penambahan satu poin gaya belajar akan bertambah pula prestasi belajar sesuai dengan koefisien regresinya.

Kata kunci: gaya belajar, visual, auditorial, kinestetik, prestasi

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the relationship of visual learning styles, auditory learning styles, and kinesthetic learning styles and their contribution to the achievement of subjects studied electronics engineering class X Audio Video SMKN 3 Jombang. The subjects of this study were all students of class X Mechanical Audio Video SMK 3 Jombang amounting 36 students. This research belong the study of ex-post facto. The data collection method using a questionnaire Likert scale model to a variable learning styles variable, while variable learning achievement using school documentation. Data analysis techniques are used to test the hypothesis with multiple regression analysis technique. The results showed that: (1) There is a positive and significant relationship betweenvisual learning style with learning achievement and contribution of visual learning style on learning achievement electronics by 9.9%; (2) There is a significant positive relationship between auditory learning style with learning achievement, and the contribution of auditory learning style on learning achievement electronics engineering subjects by 1.4%; (3) There is a significant positive relationship between kinesthetic learning style with learning achievement, and the  contribution of kinesthetic learning style on learning achievement electronics by 9%; (4) There is a positive and significant relationship learning styles of visual, auditory, and kinesthetic on learning achievement subjects electronics engineering class X Mechanical Audio Video SMK 3 Jombang, with the contribution of all three independent variables amounting 19% and other 81% influenced by other variables. Results of multiple regression analysis with three predictors obtained regression equation line Y = 66.716 + 0,239x1 + 0,017x2 + 0,150x3 which means each additional learning style points will increase learning achievements according to the regression coefficient.

Keyword: Learning Style, Visual, Auditory, Kinesthetic, Learning Achievement

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro