PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJARNYA PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK

Slamet Pujianto ., Sudarmono . .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik yang dibelajarkan dengan MPBM dan MPL, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari  gaya belajar siswa pada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik, (3) mengetahui hasil belajar siswa dengan gaya belajar auditorial, visual dan kinestetik yang dibelajarkan dengan MPBM lebih baik dari pada MPL, (4) mengetahui interaksi antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan MPBM dan MPL siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetikpada mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x3. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL-3 sebagai kelas eksperimen dan X TIPTL-1 sebagai kelas kontrol di SMKN 5 Surabaya. Kemudian untuk menganalisis data digunakan ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji post hoc.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar ranah kognitif dan afektif. Tetapi terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada hasil belajar ranah psikomotor siswa. Hasil SPSS menunjukkan nilai signifikansi hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor berturut-turut sebesar 0,053, 0,337 dan 0,001 (2) tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar ranah kognitif dan terdapat perbedaan pada hasil belajar ranah afektif dan psikomotor siswa ditinjau dari gaya belajar siswa (visual, auditorial dan kinestetik). Hasil SPSS menunjukkan nilai signifikansi hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor berturut-turut sebesar 0,514, 0,002 dan 0,000 (3) pada gaya belajar visual hasil belajar MPL lebih unggul pada ranah kognitif dan psikomotor, pada  gaya belajar auditorial MPBM lebih unggul pada ranah kognitif dan psikomotor dan pada gaya belajar kinestetik MPBM unggul pada semua ranah hasil belajar (4) terdapat interaksi antara hasil belajar ranah kognitif dan afektif, tetapi tidak terjadi interaksi pada ranah psikomotor siswa yang dibelajarkan dengan MPBM dan MPL pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Hasil SPSS menunjukkan nilai signifikansi hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor berturut-turut sebesar 0,000, 0,010 dan 0,431.

Kata kunci: Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Model Pembelajaran Langsung, Gaya Belajar, Hasil Belajar.

Abstract

This research aimed to; (1) know the difference of student’s learning outcomes in basic and measurement of electricity subject learned by using PBI and DI model, (2) know the difference of student’s learning outcomes considered from their learning style in basic and measurement of electricity, (3) know the learning outcome of student with auditory, visual, and kinesthetic learning style learned by using PBI better than DI model, and (4) know the interaction between the learning outcome of the students who had visual, auditory, or kinesthetic learning style in basic and measurement of electricity subject learned by using PBI and DI model. The method used in this research was quasi experiment with 2x3 factorial design. The subject in this research were students of 10th grade TIPTL-3 as the experimental class and 10th grade TIPTL-1 as the control class at SMKN 5 Surabaya. To analyze data, two lanes ANAVAwas used and then continued with post-hoc test. The result showed that; (1) there was no difference on cognitive and affective learning outcome. But there was very significant difference on psychomotor learning outcome. SPSS result showed significance value of learning outcome on cognitive, affective, and psychomotor aspects respectively 0.053, 0.337, and 0.001, (2) there was no difference on cognitive learning outcome and there was difference on student’s affective and psychomotor learning outcome considered from their learning styles (visual, auditory, and kinesthetic). SPSS result showed significance value of learning outcome on cognitive, affective, and psychomotor respectively 0.514, 0.002, and 0.000, (3) the learning outcome of student with visual learning style in DI model was more excellent on cognitive and psychomotor aspect, the learning outcome of student with auditory learning style in PBI model was more excellent on cognitive and psychomotor, and the learning outcome of student with kinesthetic learning style in PBI model was excellent at all aspects, (4) there was interaction between learning outcomes in cognitive and affective aspects, but not in psychomotor aspects for students learned using PBI and DI model who had visual, auditory, or kinesthetic learning style. The SPSS result showed the significant value of learning outcome in cognitive and psychomotor domain respectively were 0.000, 0.01,and 0.431.

Keywords:Effect of Problem-Based Instruction learning model, Direct Insrtuction, learning model,learning outcome

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro