PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR SMK NEGERI 2 SURABAYA

Wildan Berlianto .

Abstract


 

Implementasi Kurikulum 2013 sangat menonjolkan pendekatan saintifik dengan pembelajaran berpusat pada peserta didik. Model Problem Based Learning merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dianggap memiliki karakteristik pembelajaran saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan respon siswa menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran teknik elektronika di SMKN 2 Surabaya.

Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental, dengan menggunakan desain The One Group Protest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas X TAV 4. Dalam desain ini terdapat satu kelompok eksperimen yang diobservasi sebanyak dua kali (pre-test dan post-test). Kelas eksperimen ini merupakan kelas yang dibelajarkan dengan Problem Based Learning.

Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik elektronika dasar setelah dibelajarkan dengan model Problem Based Learning, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis pada nilai akhir menunjukkan bahwa hasil thitungsebesar -24,389 menggunakan taraf kepercayaan sebesar 5% atau 0,05. Tingkat signifikansi pada ttabel sebesar 5% dan membandingkan dengan thitung. Diketahui ttabel dengan derajat kebebasan (df) = n-1 = 38 diperoleh nilai ttabel sebesar 1,68. Dan didapatkan hasil bahwa thitung berada pada daerah penerimaan H1 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Selanjutnya analisis respon siswa terhadap proses belajar mengajar menggunakan model Problem Based Learning menunjukkan persentase sebesar 85,73% dan masuk ke dalam kategori sangat baik.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Implementation of Curriculum 2013 is very accentuate scientific approach to learner-centered learning. Problem Based Learning is a learning approach that is considered to have the characteristics of scientific learning. This study aims to determine the improvement of learning outcomes and student responses using Problem Based Learning model in electronics engineering subjects in SMKN 2 Surabaya.

The method used is Quasi-Experimental, using the design of The One Group Pretest-Posttest Design. Subjects in this study were class X TAV 4. In this design, there is one experimental group were observed twice (pretest and posttest). This experimental class is a class that is applied to the Problem Based Learning.

There is an increase in student learning outcomes in subjects electronics engineering base once taught using Problem Based Learning model, seen from the calculation by using t-test two parties with Paired Sample T-test, showed that thitung>ttable where thitung -24.389 and ttabel with 5% significance is 1.68. It is known that thitung is the reception area H1, so H0 is rejected and H1 accepted. Further analysis of students response to the learning process using Problem Based Learning model shows the percentage is 85.73% and enter into the very good category.

Keywords: Learning Model, Problem Based Learning, Learning Outcomes


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro