PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI UNTUK SMK NEGERI 5 SURABAYA

Asri Rachmawati ., Nurhayati . .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1)Untuk megetahui kelayakan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi di SMK Negeri 5 Surabaya, (2)Untuk mengetahui hasil belajar siswa  pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi menggunakan software lectora inspire (3) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran lectora inspire pada mata pelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi.

Penelitian ini dititik beratkan pada pengembangan media pembelajaran. Prosedur penelitian dan pengembangan melalui model ADDIE diantaranya adalah sebagai berikut: 1) Analyze atau analisis; 2) Design; 3) Development atau pengembangan; 4) Implementation; 5) Evaluation. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran multimedia Model ini dipilih karena model ADDIE sesuai digunakan untuk penelitian pengembangan, terutama pengembangan media pembelajaran.

Pada penelitian ini diperoleh hasil validasi media pembelajaran Lectora dinyatakan baik dengan persenase sebesar 81,78%.Respon siswa terhadap meida pembelajaran Lectora Inspire dinyatakan baik dengan persentase 80,5%. Hasil belajar siswa terhadap media pembelajaran lectora inspire dinyatakan sangat baik dengan persentase 90,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lectora dinyatakan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran perekayasaan sistem radio dan televisi.

Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Lectora Inspire.

 

Abstract

This research aims as follows: (1) To determine eligibility based instructional media lectora inspire on the subjects of engineering system of radio and television in SMK Negeri 5 Surabaya, (2) To determine student learning outcomes in subjects engineering system of radio and television using software lectora inspire (3) To determine the response of students to instructional media lectora inspire on the subjects of radio and television systems engineering.

This study put emphasis on the development of instructional media. The procedure of research and development through ADDIE models are as follows: 1) Analyze or analysis; 2) Design; 3) Development or development; 4) Implementation; 5) Evaluation. The products produced in this study is a model of multimedia learning media have been selected in accordance ADDIE models used to study development, especially the development of instructional media.

In this study, the results obtained validation of learning media Lectora expressed either by persenase amounted to 81.78% .Respon students towards learning meida Lectora Inspire expressed well with the percentage of 80.5%. Student learning outcomes to inspire learning media lectora expressed very well with the percentage of 90.9%. It can be concluded that the instructional media lectora declared fit for use in the learning activities of radio and television systems engineering.

Keywords: Development, Learning Media, Lectora Inspire


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro