PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI PENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPENTENSI DASAR GERBANG DASAR DI SMKN 2 SURABAYA

Catur Satria Wibowo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran project based learning dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di kelas X TAV SMK Negeri 2 Surabaya. Hasil belajar tersebut dibandingkan untuk mengetahui model pembelajaran dengan hasil yang terbaik.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah The Static-Group Pretest-posttest Design. Pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak dipilih secara acak, Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran project based learning, sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian berupa hasil belajar siswa diambil dengan teknik observasi dan tes yang berupa pilihan ganda dan lembar penilaian.

Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t dimana t hitung > t tabel dengan taraf signifikansi α = 0,05 yakni hasil belajar kelas eksperimen diperoleh t hitung sebesar 2,78 dan t tabel sebesar 1,67 dan keterlaksanaan model pembelajaran dalam penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan rata-rata hasil rating selama dua kali pertemuan sebesar 75,3% yang masuk ke dalam kategori terlaksana dengan baik.

Kata kunci: Model pembelajaran project based learning, model pembelajaran langsung, Hasil belajar siswa

 

Abstract

This research aims to find out differences of student achievement and student learning activities, for student with problem solving learning model type search, solve, creat and share compared by conventional learning model in basic of electronics subject in X TAV Classroom of SMK Negeri 2 Surabaya. both of student achievement and student learning activities are compared to determine which one the learning models with the best result.

This research used experiments of research. The design is The Static-Group Pretest-posttest Design. Sampling for the experimental class and the control class, not randomly chosen, the experimental class of problem solving learning model type search, solve, create, and share, while for control class using conventional learning models. Research data were taken in the form of student learning achievement with observation techniques and test such as multiple-choice tests.

The results of the research and analysis of the data shows that the problem solving learning models type search, solve, create, and share better than conventional learning models. This is evidenced by the results of t-test where t count > t table with a significance level α = 0.05 the student achievement in experimental class obtained 2.78 for t count and 1.67 t table and learning model implemented in this study as a whole shows the average results for four meetings rating of 75.3%, which fit into the category of well performing.

Keywords: Project Based Learning, Direct instruction, student achievemen

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro