PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KECAKAPAN HIDUP (LIFE-SKILL) DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRI

Dyah Setiorini ., Munoto . .

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran instalasi penerangan listrik, respon siswa, rerata hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik, dan keterlaksanaan pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan Model of the Instructional Development Cycle dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest. Subyek penelitian adalah kelas X TIPTL1 SMK Negeri 1Nganjuk semester genap tahun pelajaran 2014-2015. Teknik pengumpulan data yaitu validasi ahli, angket, observasi, dan tes tulis. Teknik analisis data menggunakan analisis kelayakan perangkat pembelajaran, analisis respon siswa, analisis hasil belajar siswa, dan analisis keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan MPK tipe STAD berbasis Kurikulum 2013 dapat dikategorikan sangat layak dan lebih unggul dengan rata-rata hasil kompetensi sikap 85,80, rata-rata hasil belajar kompetensi pengetahuan 89,11, rata-rata hasil belajar kompetensiketerampilan berpikir kritis 87,94, dan rata-rata hasil belajar kompetensi keterampilan psikomotor 85,66, dengan memiliki hasil validasi pada silabus sebesar 100%, hasil validasi pada RPP sebesar 85%, hasil validasi pada LKS sebesar 83%, dan hasil validasi pada LP sebesar 80%; (2) respon siswa memiliki respon sangat baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 88%; (3) rerata hasil belajar siswa kompetensi sikap 88,5, rerata hasil belajar siswa kompetensi pengetahuan 91,5, rerata hasil belajar siswa kompetensi keterampilan kecakapan berpikir 97,58, rerata hasil belajar siswa kompetensi keterampilan psikomotor 95,83. (4) keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan pertama dengan presentase 86%, pertemuan kedua dengan presentase 88%. Kedua pertemuan diperoleh kategori sangat baik.

Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, kecakapan hidup, instalasi penerangan listrik.

Abstract

This research aimed to find out the propernesess of basic teaching and learning, student’s response, average score students’ learning result, and teaching and learning feasibility. This Research metode is Model of the Instructional Development Cycle of using stake model One Group Pretest Posttest Design. The subject of research was eleventh grade 1 of electic power installation engineering in SMKN 1 Nganjuk of academic year 2014-2015. The data collection technique use expert validation, questionnaire, observation, and written test. The data analysis technique used the analysis of properness of teaching and learning set, student’s response, student’s learning result, and students’ learning result, teaching and learning feasibility. The result of the research showed that: (1) the developed teaching and learning set of using cooperative learning Student Teams Achievement Divisions was categorized as very proper or advanced that of: validation syllabus result 100 %, lesson plan was  85%, student’s worksheet 83%, scoring sheet 80 %, Handout 84 %, (2) student’s response was very good with rating average score of 88 %, (3) the average score of behavior competence was 88,5, the average score of  student cognitive was 91,5, the average score of thinking skill 97,58, and the average score of psycomotoric competence was 95,83. (4) the percentage of teaching and learning feasibility in the first meeting was 86%, and 88% in the second meeting, meaning that the two meetings  is categorized as good.

Keyword: STAD Cooperative learning, life skill, electricity lighting instalation


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro