PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS EDMODO PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Vardana Nur Nur Rahmaningrum, I Gusti Putu Asto Buditjahjanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui tingkat validitas media pembelajaran e-learning berbasis edmodo yang diterapkan pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika, (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika, (3) Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa yang diberi media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika dibandingkan dengan siswa yang diberikan dengan model pembelajaran langsung.


Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan jenis control group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AV 2 sebaugai kelas kontrol. Kemudian untuk menganalisa data digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Validitas media pembelajaran e-learning berbasis edmodo yang diterapkan pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika mendapatkan skor dari validator sebesar 82,7% yang termasuk dalam katagori sangat baik artinya media pembelajaran dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran, (2) Respon siswa terhadap media pembelajaran e-learning berbasis edmodo pada mata pembelajaran penerapan rangkaian elektronika mendapatkan skor sebesar 85,8% yang termasuk dalam katagori sangat baik, sehingga instrumen respon siswa bisa digunakan untuk mengukur respon/tanggapan siswa mengenai media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran e-learning berbasis edmodo dan siswa yang diberikan model pembelajaran langsung secara signifikan sebesar 0.001.


Kata kunci: E-learning, Edmodo, Hasil belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro