PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DI SMKN 1 CERME PADA STANDAR KOMPETENSI MEMAHAMI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA

AHMAD . WAYUN, Meini Sondang Sumbawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Inkuiri dengan siswa yang menggunakan model pembelajaraan langsung pada standar kompetensi memahami pengukuran komponen elektronika. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan rancangan “Posttest-Only Control Design”. Desain ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada dua kelas ini haya diberikan post-test untuk mengetahui hasil belajar setelah diberikan perlakuan. Analisis hasil belajar, peneliti menggunakan uji-t untuk mengetahui hasil belajar siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis nilai posttest dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung = 2,370 > ttabel = 1,65 (α = 0,05) dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 77,31 dan kelas kontrol 73,10 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inkuiri dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Model pembelajaran Inkuiri ini dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran agar proses belajar mengajar lebih menarik. Siswa dapat lebih aktif dan berpikir kreatif dalam memecahkan permasalahan atau mencari jawaban, sehingga dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar..


Kata kunci : Pembelajaran Inkuiri, pembelajaran langsung, dan hasil belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro