SINKRONISASI KURIKULUM : STUDI KASUS KURIKULUM PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK TERHADAP KEBUTUHAN DI DUNIA USAHA ATAU INDUSTRI (DU/DI)

JOHAN . PERMANA, Tri . Rijanto

Abstract


Kurikulum yang digunakan dan dikembangkan oleh Sekolah Menengah Kejuruan sudah seharusnya sinkron dengan kebutuhan dunia usaha atau dunia industri (DU/DI). Oleh karena itu perlu dilakukan sinkronisasi terhadap kurikulum yang di berlakukan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui index sinkronisasi kurikulum program keahlian teknik instalasi tenaga listrik terhadap kebutuhan di dunia usaha atau dunia industri; (2) informasi tuntutan DU/DI terhadap kompetensi program keahlian teknik instalasi tenaga listrik. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Sidoarjo dan industri di Jawa Timur. Penelitian ini termasuk penelitian survey, data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis data dengan statistik deskriptif. Analisis data statistik deskriptif kuantitatif menggunakan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) index sinkronisasi kurikulum program keahlian teknik instalasi tenaga listrik terhadap kebutuhan di dunia usaha atau dunia industri mencapai 83,51 %, dengan rincian kompetensi pada domain afektif mencapai 91,67 %, kompetensi pada doamain kognitif mencapai 82,08 %, kompetensi pada domain psikomotorik mencapai 84,33%.


Kata Kunci: Kurikulum, Dunia Usaha/Dunia Industri


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro