HUBUNGAN SARANA PRASARANA DAN MINAT PRAKTIK DENGAN HASIL UJI KOMPETENSI KEAHLIAN SISWA JURUSAN TITL SMK NEGERI 5 SURABAYA

. RULIAWAN, Tri . Rijanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah : (1)  Mengetahui hubungan antara sarana prasarana dengan hasil Uji Kompetensi Keahlian Siswa SMK. (2)  Mengetahui hubungan antara minat praktik dengan hasil Uji Kompetensi Keahlian Siswa SMK. (3) Mengetahui hubungan antara sarana prasarana dan  minat praktik secara bersama-sama dengan hasil Uji Kompetensi Keahlian Siswa SMK.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK kelas XII TITL tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 33 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner, dokumentasi, dan observasi kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis uji korelasi dengan rumus  terdapat hubungan positif antara standar sarana prasarana dengan hasil UKK dengan nilai koefisiensi B sebesar (+0,143). Sedangkan dalam pengujian signifikansi diperoleh nilai signifikan (0,003 < 0,05). (2) Berdasarkan analisis uji korelasi dengan rumus   terdapat hubungan positif antara minat praktik dengan hasil UKK siswa dengan nilai koefisiensi B sebesar (+0,159). Sedangkan dalam pengujian signifikansi diperoleh nilai signifikan (0,003 < 0,05). (3) Berdasarkan uji regresi ganda dengan rumus  terdapat hubungan yang positif antara standar sarana prasarana dan minat praktik secara bersama-sama terhadap hasil UKK siswa dengan nilai koefisiensi B sebesar (+0,770 dan +0,663). Sedangkan dalam pengujian signifikansi diperoleh nilai signifikan (0,003 dan 0,015 < 0,05).


Kata Kunci : Sarana Prasarana TITL, Minat Praktik, Hasil UKK siswa TITL, Survey


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro