PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT DENGAN STRATEGI TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA DASAR–DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

FEBRI Widya WIDYA SAPUTRI, I Gusti Putu Asto Buditjahjanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah model pembelajaran kooperatif tipe script dengan strategi tanya jawab dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran dasar-dasar teknik digital.


Metode penelitian yang digunakan adalah True-Experimental Design dengan rancangan Posttest-Only Control Design. Desain ini terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada dua kelas ini hanya diberikan post-test untuk mengetahui hasil belajar setelah diberikan perlakuan. Analisis hasil belajar menggunakan uji-t untuk mengetahui hasil belajar siswa tersebut.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil analisis nilai posttest dengan uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. (2) Berdasarkan analisis nilai posttest dengan uji-t satu pihak diperoleh thitung = 6,338 > ttabel = 1,67 (α = 0,05) dengan rata-rata nilai akhir kelas kelas eksperimen 86,1 dan kelas kontrol 79,4 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe script dengan strategi tanya jawab lebih baik  dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung.


Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe script dengan strategi tanya jawab, hasil belajar siswa, pengaruh model.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro