PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK SEGERI 5 SURABAYA

KHODRI . APRI, Tri . Rijanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah dan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran langsung, serta membandingkan hasil belajar peserta didik manakah yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Design di kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. kedua kelompok tersebut diberi perlakuan yang berbeda. Kelompok pertama diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang kedua diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung disebut kelompok kontrol. Pada kelas eksperimen terdapat 33 peserta didik, sedangkan kelas kontrol 28 peserta didik. Metode pengumpulan data yaitu metode tes. Metode analisis data Uji-t dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah tinggi dengan rata-rata 86 dari pada untuk hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata 82. Berdasarkan Uji-t dua pihak mendapat nilai thitung 3,5 sedangkan ttabel 2,00 dengan taraf signifikan 0,05. Dengan demikian thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah lebih tinggi dari pada peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung.


Kata kunci: MPBM, MPL, dan Hasil Belajar.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro