PENGEMBANGAN SILABUS BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN DASAR SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

KUKUH BAYU PRABOWO

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan menghasilkan silabus berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran dasar sistem komputer di SMK Negeri 1 Driyorejo sebagai perangkat bantu guru untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan, dan respon guru terhadap silabus yang dikembangkan.


Pengembangan silabus ini dilakukan dengan model penelitian Research and Development (R&D) dengan beberapa tahapan berikut: (1) Analisis Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Analisa & Pelaporan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kevalidan dan angket respon guru untuk mengetahui kesesuaian serta kebermanfaatan silabus.


Berdasarkan hasil penelitan diperoleh kesimpulan bahwa hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat dalam silabus dinyatakan sangat valid dengan rata-rata hasil rating sebesar 87,82%. Sedangkan rata-rata hasil rating respon guru sebesar 91,02% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa silabus yang dihasilkan layak digunakan untuk menyusun perencanaan pembelajaran.


Kata Kunci: silabus, kurikulum 2013, sistem komputer, validitas.


 


Abstract


This research was intended to create syllabus 2013 based curriculum on basic computer system subject in SMK Negeri 1 Driyorejo as teacher’s assistance equipment to arrange lesson plan implementation. Beside that, this research are purposed to know the validity and teacher’s responses to the developed syllabus.


The development of this syllabus use Research and Development (R&D) method with this steps: (1) Problem analysis, (2) Data collecting, (3) Product design, (4) Design validation, (5) Design revision, (6)  Analysis & Report. Data collected from validation result to know the validity and teachers response poll to know the compatibility also the benefit of this developed syllabus.


Based on this research result obtained conclusion that the validation of all syllabus aspect inferential very proper rating result average as 87,82%. Whereas rating result of teachers response as 91,02% with very good criteria. This result show that developed syllabus is suitable to be used on learning plan implementation.


Keywords: syllabus, 2013 curriculum, computer system, validity.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro