PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK

DADANG SEPTIYA PRASOJO

Abstract


Abstrak


 


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, serta membandingkan hasil belajar siswa manakah yang lebih tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design, desain ini hampir sama dengan Pretest-Posttest Control Design hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Kelompok pertama diberi perlakuan (treatment) dan kelompok yang lain tidak. Kelompok yang diberi perlakuan (treatment) disebut kelompok eksperimen dan kelompok yang tidak diberi perlakuan (treatment) disebut kelompok kontrol. Pada kelas eksperimen terdapat 28 siswa, sedangkan kelas kontrol 32 siswa. Metode pengumpulan data yaitu metode tes dan observasi. Metode analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT  tinggi dengan unggul sedikit, sedangkan untuk hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung tinggi pula. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung.


Kata kunci: Model Pembelajaran NHT, Model Pembelajaran Langsung, dan Hasil Belajar


 


Abstract


The purpose of this study was to determine the learning outcomes of students taught using cooperative learning model numbered heads together and learning outcomes of students who are taught using direct instructional model, and compare the results of student learning which one is higher. The research method used was experimental research with Nonequivalent control group design, this design is almost the same as the pretest-posttest control design only in this design the experimental group and the control group was not randomly selected. The first group was treated and the other group was not. Treated group is called the experimental group and the untreated group is called the control group. In the experimental class there are 28 students, while the control class of 32 students. Methods of collecting data and testing methods of observation. Methods of data analysis conducted quantitative and qualitative descriptive. The results showed that the learning outcomes of students taught using cooperative learning model high NHT, while for the learning outcomes of students who are taught using high direct instructional model. So it can be concluded that the learning outcomes of students taught using cooperative learning model NHT higher than students taught using direct instructional model.


Keywords: Cooperative Learning Type Numbered Heads Together, Direct Learning, and Learning Outcomes


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro