PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SOFT SKILL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMKN 2 SURABAYA

RIA REVI ANGGRAENI

Abstract


Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, (2) Hasil belajar siswa yang  meliputi pengamatan sikap spiritual, sikap sosial/keterampilan soft skill,  hasil belajar  tes pengetahuan, keterampilan proses, keterampilan psikomotor, danposttest dan (3) respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian atau langkah-langkah yang mengadaptasi model siklus pengembangan instruksional yang dikembangkan oleh fenrich (1997) yang disederhanakan sehingga terdiri dari lima tahapan yaitu analyze (analisis), planning (rencana), design (perencanaan), development (pengembangan) dan evaluation and revision (evaluasi dan revisi). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajarandan diujicobakan pada siswa Kelas X TAV 4 SMKN 2 Surabaya pada kompetensi kejuruan teknik elektronika dasar dengan mata diklat Bipolar Junction Transistor. Rancangan dalam ujicoba produk ini menggunakan One-Shot Case Study.


Hasil penelitian ini adalah hasil telaah perangkat pembelajaran dinyatakan Valid dengan presentase sebesar 81,67%. Rata-rata hasil belajar siswa yang meliputi tes pengetahuan, keterampilan proses, keterampilan psikomotor dinyatakan tuntas di kelas X  TAV 4 sebanyak 83% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 17% sedangkan hasil pengamatan sikap spiritual dan sikap sosial/ keterampilan soft skill berkategori tinggi atau memuaskan. Respon siswa menunjukkan bahwa 83% siswa merasa senang dan 17% menyatakan biasa-biasa saja.


Kata kunci: model pembelajaran kooperatif dan pendidikan soft skill 


 


Abstract


 


The purpose of this research is (1) describe the feasibility learning device, (2) The student’s learning outcomes include observation of spiritual attitude, social attitude/ soft skills, knowledge test, process skills, psychomotor skills and posttest, and (3) student’s respon after following study with lerarning device.


This research uses research methods or measure to adapt the instructional development cycle model development by fenrich (1997) are simplifieds that consists of five stages, that are analyze, planning, design, development and evaluation and revision. The presented research is the development of research learning device  with soft skills education and tested on students of Class X TAV 4 SMKN 2 Surabaya competence vocational basic electronics engineering in Bipolar Junction Transistor. The design of the test device using the one-shot learning case study design.


Result of this result are validity of learning device categorized valid with precentance 81,67%. The average student learning outcomes that include knowledge test, process skills, psychomotor skills and posttest who complate with precentance 83% and stundents who did not complate with precentance 17%, at while observations spiritual attitude and social attitude categorized high or satisfactory. Student’ response showed that 83% students said they feel happy and only 17% student said they feel not happy.


Key words: cooperative learning and soft skill education


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro