Implementasi Model Pembelajaran Langsung Menggunakan Software Autocad Pada Kompetensi Dasar Menggambar Rencana Instalasi Penerangan Di SMK Raden Patah Mojokerto

RAGIL Bayu BAYU SETYAWAN, Munoto . .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa setelah dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan menggunakan software autocad pada kompetensi dasar menggambar rencana instalasi penerangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental dengan rancangan One Shot Case Study. Desain ini menggunakan satu kelas untuk dilakukan eksperimen. Pada satu kelas ini hanya diberikan soal evaluasi untuk mengetahui hasil belajar setelah diberikan perlakuan serta dilakukan uji kompetensi untuk mengetahui kompetensi siswa dalam menggunakan autocad. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis hasil belajar siswa diketahui 25 siswa dari total 25 siswa tuntas sehingga ketuntasan klasikal mencapai 100%, Nilai rata-rata kelas mendapat nilai 79,74 (tuntas)  (2) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran langsung dengan menggunakan software autocad secara keseluruhan adalah positif dengan rata-rata 81,74 % dan termasuk kriteria respon  baik. Berdasarkan hasil uji coba terbatas yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung menggunakan software autocad pada kompetensi dasar menggambar rencana instalasi penerangan mampu menuntaskan hasil belajar siswa.


Kata kunci : pembelajaran langsung, autocad, hasil belajar, dan respon.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro