RANCANG BANGUN SIMULATOR MINIMUM SYSTEM MIKROPROSESOR 8088 BERBASIS ARDUINO UNO SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MIKROPROSESOR DI JURUSAN TITL SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKERTO

RANDY ADE ANGGARA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini dilatar belakangi karena guru masih mengalami kesulitan dalam membuat media pembelajaran berupa alat praktikum. Guru hanya menggunakan media slide penjelasan melalui power point dan jobsheet praktikum tanpa adanya media praktikum berupa alat praktik. Kondisi ini mengakibatkan siswa tidak bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil pengujian alat yang dibuat sebagai media pembelajaran; (2) Mengetahui kelayakan media simulator dan jobsheetnya; (3) Mengetahui hasil respon siswa terhadap media Simulator dan Jobsheet.


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tahap penelitian yang digunakan mengacu pada metode R&D oleh Sugiyono yang dimodifikasi menjadi 4 fase. Fase 1 berupa potensi, masalah dan pengumpulan data; fase 2 berupa desain produk; fase 3 validasi dan revisi desain; fase 4 uji coba produk, Analisis data dan pelaporan. Hasil penelitian ini adalah media praktikum berupa Simulator dan Jobsheet minimum system mikroprosesor 8088 yang akan diuji cobakan pada siswa kelas IX SMK Raden Patah pada mata pelajaran Mikroprosesor. Hasil uji alat menunjukkan keterangan yang linier dengan teori, proses kerja simulator dapat mensimulasikan cara kerja dari proses write RAM Mikroprosesor. Media pembelajaran berupa Simulator dan Jobsheet menunjukkan kategori sangat valid dengan prosentase berturut 94.5% dan 86.3 %. Sedangkan untuk respon siswa pada media simulator dan jobsheet menunjukkan kategori sangat baik dengan prosentase 83.2 % dan 83.3%.


Kata Kunci: Pengembangan, Simulator, Mikroprosesor 8088, Research & Develoopment (R&D).


Abstract


This research based on the difficulty of teacher to make a media as a practicing media. Teacher  uses slide power point and job sheet as usually without media that can support it. It means there is no practicing media, so the student’s cannot practice what they learned. This causes, also make the student not doing well in their study. This research aims: (1) to find out the test result of the media, (2) to find out the validity of simulator and its job sheet that has been made, (3) to know the student’s response based on the simulator and its job sheet.


Methodology for this research is Research and Development by Sugiyono, that has been modified into 4 steps. First, potential, problem and collect the data. Second, design of the product. Third, validation and revision. Fourth, product trial, analyze and report. This research obtained simulator and job sheet of  microprocessor 8088 minimum system as a practicing media. From the experiment showed that there is linearity between and the theory, simulator can show the process of how to write RAM of microprocessor. Simulator and job sheet got 94.5% and 86.3% score or in very good category as a learning media based on the validity. Student’s response  of  simulator and job sheet that has been made got 83.2% and 83.3% score or in very good category.


Keyword: Media development, Simulator, Microprocessor 8088, Research and Development (R&D)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro