PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DASAR DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

ACHMAD FUAD PRATAMA

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektifitas media pembelajaran yang dikembangkan pada mata pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sidoarjo. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model pengembangan R&D dan yang digunakan hanya 7 tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, analisi dan pelaporan. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Uji coba media pembelajaran dilakukan pada siswa Kelas X TAV 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi media pembelajaran, angket respon siswa terhadap media pembelajaran, dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan validitas media pembelajaran dinyatakan sangat valid untuk digunakan dengan presentase sebesar 84.89%. Untuk kepraktisan media pembelajaran dinyatakan sangat praktis dengan presentase sebesar 89.01%. Sedangkan untuk, efektifitas media pembelajaran ditinjau dari hasil belajar siswa dinyatakan sangat efektif dengan presentase sebesar 86.11%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis Moodle yang layak meliputi validitas, kepraktisan, dan efektifitas.


Kata kunci: media pembelajaran, kurikulum 2013, validitas, kepraktisan, efektifitas.


 


Abstract


This study aimed to find out the feasibility of a learning media, consist of validity, practically and effectiveness instructional media which developed on the subject of Basic Electronics Engineering at SMK Negeri 1 Sidoarjo. The development of this instructional media used the model of development of R&D and only used seven stages, which are the potential and  prblem, data collection, product design, design validation, design revision and production, analysis, and reporting. The research design of the study was One Shot Case Study where the trials of the media was conducted on the X-TAV 1 class of SMK Negeri 1 Sidoarjo that consisted of 36 students. The instruments which were used in the study were sheets of validation, learning media, students’ response in form of questionnaire, and the students’ learning outcomes. The result of the study performs that the feasibility of the media  was very quaified to be implemented with the precentage of 84.89%. For the response of the students, it achieved 89.01% in which it belonged to very good criteria, while for the students’ learning outcomes achieved 86.11%. According to the result of the study, this instructional media produces the feasibility consist of validity, practically and effectiveness.


Keywords: learning media, curriculum of 2013, feasibility, validity, practically and effectiveness.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro