PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENGUJI DIODA ZENER SEBAGAI RANGKAIAN PENSTABIL TEGANGAN DI SMK NEGERI 7 SURABAYA

M. FIQIH ADAM

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem solving memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada hasil belajar peserta didik kelas X TAV di  SMK Negeri 7 Surabaya.


Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment Desain (nonequivalent control group design). Analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar pada siswa.


Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji t Independent Sample T-Test diketahui nilai thitung yang dihitung dengan menggunakan bantuan software SPSS 17.0 mendapat nilai sebesar 4,820. Tabel distribusi t ditentukan pada α=0,05% dengan derajat kebebasan (dk) = n1+n2-2 = 41+41-2= 80. Maka nilai ttabel adalah 2,00. Maka nilai thitung > ttabel yaitu 4,820 > 2,00 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran problem solving lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada mata kompetensi dasar menguji dioda zener sebagai rangkaian penstabil tegangan.


Kata Kunci : model pembelajaran problem solving dan hasil belajar.


 


Abstract


This research aims to determine the influence of using problem solving learning model that gives better results compared with direct learning model on the student learning outcomes of class X TAV at SMKN 7 Surabaya.


The type of research used type of quantitative research. While the research method used is Quasi Eksperiment Design (nonequivalent control group design) method. Data analysis using t-test to know the influence of problem solving learning model to student learning outcomes.


The result of the research shows that: (1) Based on the result of the Independent Sample T-Test, known by value of tcount that counted by using of SPSS 17.0 software get value amount 4,820. The t distribution table is set at α = 0.05% with degrees of freedom (dk) = n1 + n2-2 = 41 + 41-2 = 80. Then the t-table value is 2.00. Then the value of tcount> ttable is 4.820> 2.00 so that H0 is rejected and H1 accepted. So it can be concluded that the influence of problem solving learning model is better than the direct learning model in the basic competence testing zener diode as voltage stabilizer circuit.


Keywords: problem solving learning model and learning outcomes.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro