PEMBUATAN TRAINER DAN MODUL MIKROKONTROLER UNTUK STANDAR KOMPETENSI PENGENDALI ELEKTROMAGNETIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 BUDURAN SIDOARJO

Bachtiar Kurnia Setyawan, Bambang Poerwantono .

Abstract


ABSTRAK

Trainer dan modul mikrokontroler merupakan media pembelajaran yang tepat untuk standar kompetensi kendali elektromagnetik khusunya di SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menghasilkan media trainer dan modul, (2) mengetahui unjuk kerja trainer yang dibuat, (3) Menghasilkan media modul yang sesuai dengan standar kompetensi yang ada, (4) Untuk mengetahui tingkat validitas media dan (5) Untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan media trainer dan modul lebih baik daripada pembelajaran tidak mengunakan, ditinjau dari tingkat prestasi belajarnya.

Metode yang digunakan dalam pengembangan produk trainer dan modul adalah metode Research and Development (R&D). Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan dalam pengujian produk adalah penelitian eksperimen jenis static group comparation yaitu membandingkan hasil belajar kelas eksperimen (siswa yang menggunakan trainer dan modul) dengan kelas kontrol (siswa yang tidak menggunakan trainer dan modul). Kesimpulan hasil pengujian diambil berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. Pengujian tersebut didasarkan pada selisih rata-rata nilai hasil tes hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol.

Hasil validitas media trainer di dapat skor 86% artinya trainer tersebut memiliki validitas sangat kuat, sedangkan validitas modul didapat skor 89% artinya modul tersebut memiliki validitas sangat kuat. Berdasarkan uji empiris didapat nilai t hitung 7,241 sedangkan “t-tabel” untuk taraf singnifikasi 5%(0,05) adalah 1,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan secara signifikan antara rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar kelas kontrol.

Kata kunci           : Mikrokontroler, Trainer, Modul, Penelitian Research and Development (R&D).

ABSTRACT

Trainer microcontrolers and modules are appropriate learning medium for electromagnetic control competency standards especially in SMK Negeri 3 Buduran Sidoarjo. The purpose of this was study, (1) Generate a media trainer and modules, (2) determine performance trainer made, (3) Generate media modules that comply with existing competencies, (4) To determine the level of validity of the media and (5) To determine whether learning by using media trainers and learning modules are better than no use, in terms of the level of academic achievement.

The method used in product development trainer and modules are methods Research and Development (R & D). While the research approach used in product testing is experimental research group Comparation static types of learning outcomes that compare the experimental class (students who use trainers and modules) with a control class (students who did not use a trainer and modules). Conclusions drawn based on the results of testing hypothesis testing using t-test. The test is based on the difference between the average value of grade achievement test results of experiment and control.

The results of the validity of trainer to score 86% means that the trainer has a very strong validity, while the validity of the obtained score of 89% module means the module has a very strong validity. Based on empirical tests obtained t value 7.241, while "t-table" for singnifikasi level of 5% (0.05) is 1.67. It can be concluded that there is a significant difference between the average yield grade class learning experiment and control. Average learning outcomes experimental class significantly higher than the average of the control class learning outcomes.

Keywords: Microcontroler, Trainer, Modules, and Research andDevelopment (R & D)


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro