PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP-TO-GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI BERBEDA PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL

. Ahmad Sahid, IGP. Asto Buditjahjanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang menerapkan dasar-dasar teknik digital para siswa kelas X program keahlian teknik elektronika industri yang diajarkan dengan strategi Group-to-Group Exchange dan yang diajarkan dengan strategi Peer Lessons, (2) mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang menerapkan dasar-dasar teknik digital para siswa kelas X program keahlian teknik elektronika industri yang bermotivasi tinggi dan rendah, dan (3) mengetahui ada tidaknya interaksi antara hasil belajar siswa dengan strategi pembelajaran Group-To-Group Exchange dan strategi pembelajaran Peer Leesons, yang bermotivasi tinggi dan rendah.

Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan rancangan “Static Group Comparison”. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Elind-1 sebagai kelas eksperimen dan X Elind-2 sebagai kelas kontrol SMK Negeri 1 Tambelangan. Kemudian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara strategi pembelajaran Group-To-Group Exchange dan Peer Lesson, perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi berbeda (tinggi dan rendah), serta untuk mengetahui adanya interaksi strategi pembelajaran Group-To-Group Exchange dan strategi pembelajaran Peer Lessons, motivasi berprestasi siswa dan hasil belajar dilakukan analisis varian dua jalur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Group-To-Group Exchange lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Peer Lessons. yaitu nilai uji-F= 8,763 dengan p-value 0,004, p-value lebih kecil dari α = 0,05; (2) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih baik atau berbreda secara signifikan dengan nilai uji-F = 7,833 dan p-value = 0,007, p-value lebih kecil dari α = 0,05; dan (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi berprestasi siswa dengan nilai uji-F = 17,103 dan p-value = 0,000, p-value lebih kecil dari α = 0,05.

Kata kunci: Strategi pembelajaran Group-To-Group Exchange,  strategi pembelajaran Peer Lessons, motivasi berprestasi  dan hasil belajar.

ABSTRACT

The purpose of this research is : (1) to know there is a difference of the learning outcomes that applying the basics of digital techniques in class X students of industrial electronics engineering programs  which taught by Group-To-Group Exchange and Peer Lessons strategy; (2) to know there is a difference of the learning outcomes that applying the basics of digital techniques in class X students of industrial electronics engineering programs who have high motivation and low motivation; (3) to know there is a interaction between of the learning outcomes with Group-To-Group Exchange strategy and the learning outcomes with Peer Lessons strategy .

The research method use Pre Experimental with “Static Group Comparison” design.  The subjects of this research are Elind-1  class X students as experiment class and Elind-2 class X students as control class at SMKN 1 Tambelangan. Then to know the difference of learning outcomes between Group-To-Group Exchange learning strategy and Peer Lessons learning strategy, to know the difference of students learning outcomes who have high achievment motivation and low achievment motivation and also to know there is a interaction between Group-To-Group Exchange learning strategy and Peer Lessons learning strategy  to student achievment motivation and learning outcomes by analysis of variance two-line.

The research results showed: (1) the learning outcomes that using  Group-To-Group Exchange learning strategy more high than using Peer Lessons learning strategy, that is the F-test value = 8,763 with p-value 0,004, p-value less than α = 0,05; (2) students learning outcomes who have high achievment motivation better or different by significant with F-test value = 7,833 and p-value=0,007, p-value less than α = 0,05; and (3) There is interaction between the learning strategy and achievement motivation of students with test-value F = 17.103 and p-value = 0.000, p-value is less than α = 0.05.

Keywords: Learning strategy Group-To-Group Exchange, learning strategy Peer Lessons, achivement motivation and the students result.


Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro