PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN PADA SISWA KELAS X TEI       DI SMK NEGERI 1 SUKOREJO.

M THOIFUL HAMDAN

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan manajemen pembelajaran berbasis mobile learning untuk mata pelajaran teknik pemrograman pada kelas X TEI di SMK Negeri 1 Sukorejo, serta mengetahui kualitas produk manajemen pembelajaran yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dilihat dari: Kevalidan, Kepraktisan, Keefektifanya.


Desain penelitian menggunakan research and development (R&D). Data yang dikumpulkan adalah data validasi manajemen pembelajaran, respon siswa terhadap manajemen pembelajaran, hasil belajara siswa setelah menggunakan manajemen pembelajaran.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari ketiga aspek yang divalidasi, yaitu aspek materi & soal, Tampilan & Penggunaan, serta Bahasa didapatkan rata – rata validasi dari seluruh aspek sebesar 82,5%. Dari rata- rata tersebut maka manajemen pembelajaran berbasis mobile learning dapat dinyatakan dengan kategori sangat valid, (2) Hasil kepraktisan didapatkan dari keseluruhan indikator pada hasil respon siswa dan didapatkan rata- rata hasil respon siswa terhadap manajemen pembelajaran berbasis mobile learning sebesar 82,68%. Dari  rata – rata tersebut maka manajemen pembelajaran  berbasis  mobile learning  termasuk dalam kategori sangat praktis, (3) Hasil Keefektifan ditentukan dari nilai post-test  siswa setelah diberi treatment dan didapatkan nilai rata – rata lebih besar dari nilai KKM yaitu dengan rata – rata 80,87, dan kelulusan klasikal lebih dari 80% yaitu dengan persentase 81,25%. Maka dari hasil tersebut dapat dikatakan efektif karena  memenuhi kriteria.


Kata kunci: manajemen pembelajaran, mobile learning, kevalidan, kepraktisan, keefektifan.


 


Abstract


This results aimed to produce a learning management based on mobile learning for programming technique subjects in class X TEI SMK Negeri 1 Sukorejo, and to know the quality of learning management that has been produced, so feasible to be used after viewed from: validation, practicality, effectiveness.


The research design used is research and development (R&D). the data collected from validation learning management, student responses to learning management, learning outcomes of students after using learning management.


The results showed that: (1) From three validated aspects, material & lessons, Display & Usage, and Language aspects, the average validation of all aspects is 82.5%. from that average learning management based on mobile learning is included in the very valid category, (2) Practical result obtained from all indicator on student response result and got the average result of student response to learning management based on mobile learning is 82,68%. From the average, the learning management based on mobile learning is included in the very practical category, (3) the effectiveness result is determined from the post-test value of the students after being given treatment and the average acore is greater than the Minimum criteria of mastery value with the average of 80.88, and the classical mastery is more than 80%, the percentage  is 81.25%. so from the results can be said to be effective because it meet the criteria.


 Keywords: learning management, mobile learning, validation, practicality, effectiveness.


 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro