PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MEDIA ZOOMING USER INTERFACE (ZUI) PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ANTENA KELAS XI TAV SMKNEGERI 3 SURABAYA

Yohana Candra Aprilliana

Abstract


Abstrak


Tujuan dari penelitian ini adalah membuat perangkat pembelajaran yang layak dengan menggunakan media Zooming User Interface (ZUI) pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Antena dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), yang terdiri atas 9 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk,  (4) validasi produk,  (5) revisi produk, (6) uji coba produk,  (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, dan (9) analisis dan pelaporanproduk. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI TAV 3 SMK Negeri 3 Surabaya. Pada langkah uji coba menggunakan rancangan penelitian one-shot case study.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berkategori sangat valid. Ketuntasan hasil belajar ranah kognitif sebesar 86% dan hasil belajar ranah psikomotor sebesar 87%. Keterlaksanaan perangkat pembelajaran berkategori sangat baik dengan presentase 92%.


Kata Kunci: Pengembangan perangkat, media Zooming User Interface (ZUI), kelayakan


Abstract


The purpose of this study is to make decent learning instrument using Zooming User Interface (ZUI) media on the Engineering of Antenna System with reference to the feasibility indicators are validity, effectiveness, and practicality of learning instruments developed.


This study is development research using method Research and Development (R&D),which consist of nine steps: (1) potentials and problems, (2) data collection, (3) the design validation,  (4) design validation,  (5) the revision of the design, (6) product trials,  (7) the revision of the design, (8) the use of trials, and (9) analysis and reporting product. The subject of this research is students of XI TAV class 3 SMK Negeri 3 Surabaya. In the test step using research design one-shot case study.


The results showed thatthe learning instrumentsare categorized by very valid. Mastery of the learning outcomes of cognitive domains are 86% andthe learning outcomes of psychomotor domains are 87%. Furthermore, the implementation of learning instruments is categorized is very well with 92% percentage.


Keywords:Device development, Zooming User Interface (ZUI) media, feasibility.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro