PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS VIRTUAL LABORATORY PADA MATA PELAJARAN TEKNIK MIKROPROSESOR DI SMKN 1 JETIS MOJOKERTO

Hanif Mutiarasti

Abstract


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran praktikum virtual laboratory meliputi validitas, kepraktisan dan keefektifan yang dikembangkan pada mata pelajaran teknik mikroprosesor di SMKN 1 Jetis Mojokerto.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Researh and Development dengan desain penelitian one shot case study. Subyek penelitian adalah kelas X TEI 2 SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto semester genap tahu ajaran 2016-2017. Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran praktikum, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa.


Hasil penelitian menunjukkan kevalidan perangkat pembelajaran praktikum dinyatakan sangat valid untuk digunakan dengan presentase sebesar 89,7%. Sedangkan untuk keefektifan perangkat pembelajaran praktikum, hasil belajar ranah afektif memperoleh skor total sebesar 2616 dengan nilai rata-rata 87,2, Hasil belajar ranah kognitif memperoleh nilai th = 10,457 > ttabel = 1,70, sedangkan untuk hasil belajar ranah psikomotor memperoleh nilai th = 24,58 > ttabel = 1,70 dalam hal ini menggunakan taraf signifikansi t tabel 0,05. Ditinjau dari rumusan uji hipotesis yang berbunyi, H0 : µ1 ≤ µ2 = Rata-rata hasil belajar siswa lebih kecil sama dengan nilai KKM . H1: µ1 > µ2 = Rata-rata hasil belajar siswa lebih besar dari nilai KKM. Dilihat dari nilai th yang lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan terima H1 bahwa rata-rata hasil belajar siswa lebih besar dari nilai KKM. Dan untuk kepraktisan perangkat pembelajaran praktikum yang diperoleh dari lembar observasi aktifitas siswa dinyatakan praktis yang presentasenya sebesar 81,8%. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran praktikum berbasis virtual laboratory yang layak digunakan.


Kata kunci : perangkat pembelajaran praktikum, virtual laboratory, tenik mikroprosesor.


 


Abstract


This study aimed to produce the decent learning virtual laboratory practicum devices consist of validity, practically, and effectiveness which developed in microprocessor technique subjects at SMKN 1 Jetis Mojokerto.


This research using research and development research method with reseach design one shot case study. The subject of research was ten grade 2 of industrial electrical engineering in SMKN 1 Jetis Mojokerto. The data collection trchnique use validity of learning practicum devices, student activity observation sheets and student learning result test.


The result of research showed that the validity of learning practicum devices was very valid with a percentage 89,7%. For the effectiveness of learning practicum devices, affective learning result test amount 2616 with an average value 87,2, cognitive learning result test obtain a value of th = 10,457 > ttable = 1,70 while psychomotor learning result test obtain a value th = 24,58 > ttable = 1,70 in this case using the level of significance t table 0,05. In terms of hyphotesis test formulation that reads, H0 : µ1 ≤ µ2 = the average of student learning outcomes is smaller equals KKM value.  H1: µ1 > µ2 = the average of student learning outcomes greater than KKM value. Seen from th which is greater than ttable so H0 rejected and received H1 that the average of student learning outcomes is greater than KKM value. And for the practically of learning practicum devices was practical with percentage of 81,8%. Based on tha, the reseach produce learning practicum devices based on virtual proper to use.


Keywords : learning practicum devices, virtual laboratory, microprocessor technique.


 


 


 


 


 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro