PENGEMBANGAN TRAINER KIT BERBASIS ATMEGA 16 PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PEMROGRAMAN DI SMKN 1 AROSBAYA

Adam Prastyo

Abstract


Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di SMKN 1Arosbaya dimana banyak siswa yang masih melakukan remidi sehingga perlu adanya sebuah media pembelajaran baru yang bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan trainer kit atmega 16 sebagai media pembelajaran diharapkan dapat memberi solusi pada guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak ditinjau dari aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang terdiri dari 7 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) analisis dan pelaporan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV  di SMK Negeri 1 Arosbaya. Pada penelitian ini rancangan uji coba yang digunakan adalah one-shot case study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan trainer sebagai media pembelajaran pada aspek validitas dinyatakan layak dengan hasil rating sebesar 78%. Aspek efektifitas yang ditinjau dari hasil belajar siswa. Dari tes hasil belajar akhir siswa didapatkan th = 10,670 > ttabel = 1,72 dengan taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar akhir siswa lebih besar atau sama dengan KKM. Dan aspek kepraktisan yang ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan hasil rating sebesar 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diketahui bahwa trainer  sebagai media pembelajaran berbasis atmega 16 layak digunakan sebagai salah satu media penunjang belajar siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran teknik pemrograman.


Kata Kunci: media pembelajaran, trainer, validitas, efektifitas, kepraktisan.


 


Abstract


This research is motivated by the observation result in SMKN 1 Arosbaya where many students are still doing remidi that need a new learning media that can improve student learning outcomes. By using trainer kit atmega 16 as a learning media is expected to provide solutions to teachers to improve student learning outcomes. This study aims to produce a learning media that deserves review of aspects of validity, effectiveness, and practicality. This research is a type of development research consisting of 7 steps: (1) potential and problem; (2) completion data; (3) product design; (4) product validation; (5) product revisions; (6) product trial; (7) analysis and reporting. The subjects of this study are students of class X TAV at SMK Negeri 1 Arosbaya. In this research is the trial used is one-shot case study. The results show the feasibility level of the trainer as a medium of learning on the aspects of validity with. Aspects of effectiveness in terms of student learning outcomes. From the final student learning result found th = 10,670> ttable = 1,72 with level of signifikansi 0,05, so it can be concluded that the average of the final learning outcomes of students is greater or equal to KKM. And the practical aspect in terms of student response is falling with the assessment result of 90%. Based on the results of the above research, the learning media based on atmega 16 feasible to be used as one of the supporting learning media.


Keywords: learning media, trainers, validity, effectiveness, practicality.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro