PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER PADA MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI TEI SMK NEGERI 1 LABANG BANGKALAN

Septifanny Rahma Diyatulloh, Agus Budi Santosa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang layak ditinjau dari tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. peneliti melakukan penelitian dengan memberikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media poster dan materi ajar.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada metode Reaserch & Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 8 (delapan) tahapan yaitu tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk, tahap revisi produk, dan tahap analisis dan kesimpulan.

Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Subjek ujicoba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Labang Bangkalan. Jumlah siswa sebanyak 35 dalam 1 kelas. Untuk mengatahui hasil validitas media pembelajaran dibutlah sebuah lembar validasi yang diberikan ke validator, Untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran dibuatlah angket respon yang ditujukan kepada siswa kelas eksperimen, sedangkan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran pada ranah kognitif peneliti membuat posttest, pada ranah psikomotor peneliti membuat tes kinerja. Kemudian hasil dari ranah kognitif dan psikomotor dianalisis data uji-t (one sample t-test).

Berdasarkan analisis hasil penelitian pengembangan media pembelajaran diperoleh kevalidan perangkat pembelajaran pada aspek media pembelajaran dengan nilai rata-rata hasil rating sebesar 80% dan dikategorikan baik. Pada aspek materi ajar nilai rata-rata hasil rating sebesar 84% dan dikategorikan sangat baik. Pada aspek validasi soal nilai rata-rata hasil rating sebesar 82% dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster ini dikategorikan sangat valid.Keefektifan perangkat pembelajaran ini diperoleh dari hasil belajar akhir yang diperoleh dari nilai hasil belajar pada ranah kognitif dan ranah psikomotor. Berdasarkan hasil nilai akhir yang diukur dari pengambilan nilai berupa tes kognitif dan tes psikomotor dengan bobot 30% untuk kognitif dan 70% untuk psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan perolehan nilai th= 11,380 > ttabel= 1,70 dengan taraf signifikansi 5%. Jika dirata-rata maka diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 85. Kepraktisan media pembelajaran diperoleh dari hasil angket respon siswa yang diberikan kepada siswa yang telah diajar menggunakan media pembelajaran poster dengan jumlah siswa 35 anak. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran poster ini memperoleh nilai rata-rata hasil rating sebesar 78% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster ini dikategorikan praktis untuk digunakan.

Berdasarkan hasil penghitungan di atas media pembelajaran dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran sensor dan actuator yang ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan.

Kata Kunci: pengembangan media pembelajaran poster, validitas, kepraktisan,  dan keefektifan.

 

Abstract

 

This study aims to produce a decent learning media viewed from three criteria of validity, validity, and effectiveness. researchers conduct research by providing cooperative learning model type STAD by using media poster and teaching materials.This research is a development research which refers to Reaserch & Development (R & D) method. In this research, there are 8 (eight) stages: potential and problem stage, data collection stage, product design stage, design validation phase, design revision phase, product trial stage, product revision phase, and analysis and conclusion phase.

The method used is research development. The subjects of this experiment were the students of class XI SMK Negeri 1 Labang Bangkalan. The number of students is 35 in 1 class. To know the result of validity of media of learning done a validation sheet given to the validator, To know the practicality of learning device made questionnaire response aimed at experiment class student, while to know effectiveness of learning media in cognitive field of researcher make posttest, psychomotor aspect researcher make performance test. Then the result of the cognitive and psychomotor domains analyzed t-test data (paired sample t-test). Based on the analysis of research results, the development of learning media obtained kevalidan learning device on the aspect of learning media with the average value of the rating results of 80% and categorized well. In terms of teaching materials the average rating score of 84% and categorized very well. On the aspect of validation about the average value of the rating results by 82% and categorized very well. Based on these results can be concluded that the learning media of poster is categorized very valid.

The effectiveness of learning tools is obtained from the final learning results obtained from the value of learning outcomes in the realm of cognitive and psychomotor domains. Based on the final measured value of the cognitive test and psychomotor test with 30% weight for cognitive and 70% for psychomotor. The result showed that th = 11,380> ttable = 1,70 with significance level 5%. If averaged then the average grade obtained by 85. Based on the results of calculations on the learning media declared eligible to be used in learning activities on the subject of censors and actuators in terms of validity, practicality, and effectiveness.Keywords: development of learning media poster, validity, practicality, and effectiveness.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro