PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE (TEAMS GAMES TOURNAMET) MENGGUNAKAN PERMAINAN U-BUILD MONOPOLY PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI KELAS XI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

Endratul Kholifah ., Agus Budi Santosa

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat perangkat pembelajaran berbasis Permainan U-Build Monopoly yang layak digunakan dalam pembelajaran dengan kriteria, valid, praktis ditinjau dari respon peserta didik dan efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan pada mata pelajaran perekayasaan system radio dan televisi.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk 1; (6) ujicoba produk; (7) revisi produk 2; (8) ujicoba pemakaian; (9) analisis dan pelaporan. Pengambilan data untuk validasi dilakukan pada para validator, sedangkan pengambilan data angket respon dan hasil belajar peserta didik dilakukan pada kelas XI TAV 2 SMKN 1 Sidoarjo.

Pengambilan data untuk validasi dilakukan pada tiga validator, sedangkan pengambilan data angket respon dan hasil belajar peserta didik dilakukan pada kelas TAV 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi perangkat memperoleh persentase sebesar 79,5% dengan interpretasi “valid”. Respons peserta didiik terhadap perangkat memperoleh persentase sebesar 95,4% dengan interpretasi “sangat praktis” dan hasil belajar kompetensi pengetahuan memperoleh skor gain dengan kreteria mengalami peningkatan, dan kompetensi keterampilan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan permainan U-Build Monopoly Layak digunakan.

Kata Kunci: TGT, Permainan U-Build Monopoly, respon peserta didik, hasil belajar

Abstract

This study aims to create a learning device based on the U-Build Monopoly Game that is suitable to be used in learning with criteria, valid, practical in terms of the learners' responses and effective in terms of learning outcomes of learners competence of knowledge and competence of skills on the engineering subjects radio and television systems .

The type of research in this research is R & D (Research and Development). Stages in this research consist of: (1) potential and problem; (2) flow data; (3) product design; (4) validation products; (5) product revision 1; (6) test products; (7) product revision 2; (8) use of the trial; (9) analysis and reporting. Data retrieval for validation is done on the validator, while the data collection questionnaire responses and learning outcomes of learners conducted in class XI TAV 2 SMKN 1 Sidoarjo.

Data retrieval for validation is done on three validators, while the data collection of questionnaire responses and learning outcomes of learners conducted on the class TAV 2 SMK Negeri 1 Sidoarjo. The results showed that device validation obtained a percentage of 79.5% with a "valid" interpretation. The participant's response to the device acquired a percentage of 95.4% with a "very practical" interpretation and the knowledge competence learning outcomes obtained with gain criteria, and skill competence was the difference in mean learning outcomes with KKM. So it can be concluded that the learning device uses U-Build games using Monopoly Worthy.

Keywords: TGT, U-Build Monopoly Game, learners' response, learning outcomes.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro