PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER MICROCONTROLLER BERBASIS ARDUINO UNO DENGAN MENERAPKAN APLIKASI SISTEM RADAR DAN RFID PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL DI SMK NEGERI 2 BANGKALAN

Ego Andreanto ., Bambang Suprianto .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Trainer Microcontroller berbasis Arduino Uno dengan Menerapkan Aplikasi Sistem Radar dan RFID yang layak digunakan dalam pembelajaran dengan kriteria, valid, praktis ditinjau dari respon peserta didik dan efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan pada mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) ujicoba produk; (7) analisis dan pelaporan. Pengambilan data untuk validasi dilakukan pada para validator, sedangkan pengambilan data angket respon dan hasil belajar peserta didik dilakukan pada kelas XI TEI SMK Negeri 2 Bangkalan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran Trainer Microcontroller memperoleh rata-rata skor rating sebesar 94,45% dengan interpretasi “Sangat Valid”. Hasil validasi Lembar Kerja (Jobsheet) memperoleh rata-rata skor rating sebesar 81,25% dengan interpretasi “Valid”. Hasil belajar peserta didik terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan KKM. Hasil analisis angket respon peserta didik, presentase dari rata-rata respon peserta didik adalah sebesar 81,4%.  Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa respon peserta didik terhadap media pembelajaran trainer adalah praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Trainer Microcontroller Arduino UNO dinyatakan Layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perekayasaan system control di SMKN 2 Bangkalan.

Kata Kunci: media pembelajaran, trainer, jobsheet, R & D.

Abstract

This study aims to produce Arduino Uno Trainer Microcontroller-based learning media by applying Radar and RFID System Applications that are suitable for use in learning by criteria;, valid, practical in terms of the learners' responses and effective in terms of learning outcomes of learners competence of knowledge and competence of skills on the engineering control systems .

Type of research used in this research is R & D (Research and Development). Stages in this research consist of: (1) potential and problem; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) product revisions; (6) product trial; (7) analysis and reporting. Data for validation were collect to the validators, while data of response questionnaire were collect in class XII TEI of SMKN 2 Bangkalan.

The results showed that the validation of media get a percentage of 88.32% with the interpretation of "very valid". The student's response to media get the percentage of 84.28% with the interpretation "interesting". So it can be concluded that Prezi-based learning media is very valid for used and interesting for students. The results showed that the validation of media get a percentage of 88.32% with the interpretation of "very valid". The student's response to media get the percentage of 84.28% with the interpretation "interesting". So it can be concluded that Prezi-based learning media is very valid for used and interesting for students

Keywords: learning media, trainer, jobsheet, R & D.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Trainer Microcontroller berbasis Arduino Uno dengan Menerapkan Aplikasi Sistem Radar dan RFID yang layak digunakan dalam pembelajaran dengan kriteria, valid, praktis ditinjau dari respon peserta didik dan efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan pada mata pelajaran perekayasaan sistem kontrol.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah R & D (Research and Development). Tahapan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi produk; (5) revisi produk; (6) ujicoba produk; (7) analisis dan pelaporan. Pengambilan data untuk validasi dilakukan pada para validator, sedangkan pengambilan data angket respon dan hasil belajar peserta didik dilakukan pada kelas XI TEI SMK Negeri 2 Bangkalan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi media pembelajaran Trainer Microcontroller memperoleh rata-rata skor rating sebesar 94,45% dengan interpretasi “Sangat Valid”. Hasil validasi Lembar Kerja (Jobsheet) memperoleh rata-rata skor rating sebesar 81,25% dengan interpretasi “Valid”. Hasil belajar peserta didik terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar dengan KKM. Hasil analisis angket respon peserta didik, presentase dari rata-rata respon peserta didik adalah sebesar 81,4%.  Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa respon peserta didik terhadap media pembelajaran trainer adalah praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Trainer Microcontroller Arduino UNO dinyatakan Layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran perekayasaan system control di SMKN 2 Bangkalan.

Kata Kunci: media pembelajaran, trainer, jobsheet, R & D.

Abstract

This study aims to produce Arduino Uno Trainer Microcontroller-based learning media by applying Radar and RFID System Applications that are suitable for use in learning by criteria;, valid, practical in terms of the learners' responses and effective in terms of learning outcomes of learners competence of knowledge and competence of skills on the engineering control systems .

Type of research used in this research is R & D (Research and Development). Stages in this research consist of: (1) potential and problem; (2) data collection; (3) product design; (4) product validation; (5) product revisions; (6) product trial; (7) analysis and reporting. Data for validation were collect to the validators, while data of response questionnaire were collect in class XII TEI of SMKN 2 Bangkalan.

The results showed that the validation of media get a percentage of 88.32% with the interpretation of "very valid". The student's response to media get the percentage of 84.28% with the interpretation "interesting". So it can be concluded that Prezi-based learning media is very valid for used and interesting for students. The results showed that the validation of media get a percentage of 88.32% with the interpretation of "very valid". The student's response to media get the percentage of 84.28% with the interpretation "interesting". So it can be concluded that Prezi-based learning media is very valid for used and interesting for students

Keywords: learning media, trainer, jobsheet, R & D.



Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro