PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBASIS PERMAINAN LUDO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM ANTENA KELAS XI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Siska Retno Sari, Munoto . .

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat perangkat pembelajaran yang layak dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) berbasis permainan Ludo pada mata pelajaran perekayasaan sistem antena dengan mengacu pada indikator kelayakan yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Sugiyono, yang terdiri atas dengan 9 langkah yaitu: (1) Potensi dan masalah; (2) Pengumpulan data; (3) Desain produk; (4) Validasi produk; (5) Revisi produk; (6) Uji coba produk; (7) Revisi produk; (8) Uji coba pemakaian; (9) Analisis dan pelaporan produk. Rancangan uji coba yang digunakan adalah One-group pretest-posttest design.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis permainan Ludo dapat dikategorikan sangat valid, dengan hasil rating sebesar 88%. Keterlaksanaan pembelajaran  terhadap perangkat memperoleh hasil rating sebesar 94% kategori sangat baik. Respon siswa mendapatkan hasil rating sebesar 97% dengan kategori sangat setuju. Hasil belajar ranah kognitif memperoleh skor gain sebesar 0,709 dengan kriteria sedang dan mengalami peningkatan serta hasil belajar ranah psikomotor sebesar 92.

Kata Kunci: Teams Games Tournamen (TGT), Permainan Ludo, respon peserta didik, hasil belajar

Abstract

The purpose of this study is to make a decent learning tool by applying the cooperative learning model TGT (Teams Games Tournament) based on Ludo game on antenna system engineering subjects with reference to feasibility indicator that is validity, practicality and effectiveness of learning device.

This research uses the Research and Development (R & D) model developed by Sugiyono, consisting of 9 steps, namely: (1) Potentials and problems; (2) Data collection; (3) Product design; (4) Validation of product; (5) Product revisions; (6) Product trial; (7) Product revisions; (8) Test of use; (9) Product analysis and reporting. The test design used is One-group pretest-posttest design.

The results showed that learning tools developed by applying the type of cooperative learning model TGT-based game Ludo can be categorized very valid, with a rating of 88%. The learning effectiveness of the device achieved a 94% rating of the category very well. The response of the students get the rating result of 97% with the category strongly agree. The cognitive domain learning result obtained a gain score of 0.709 with moderate criteria and increased as well as psychomotor domain learning achievement of 92.

Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Ludo Game, learners' response, learning outcomes.Ind

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Pendidikan Teknik Elektro